BERBAGI

Pesisir Barat (Nerizenku.com): Tingginya intensitas hujan yang melanda Pesisir Barat Kamis malam (9/1) menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir. Setiap rumah ditaksir mencapai kerugian Rp5 juta.

Adapun jumlah rumah yang terendam banjir yakni Pemangku Banjar Negeri 46 rumah, Sukanegeri 28. Kedua Pemangku tersebut berada di Pekon Negeri Ratu Ngambur, Kecamatan Ngambur.

Dikecamatan Ngaras 20 rumah,Gunung Kemala Kecamatan Way Krui 12, Bumi Waras Kecamatan yang sama 15 rumah dan 60 rumah di pasar Kota Krui.

Selain banjir, longsor juga terjadi di Pekon Gedau Kecamatan Pesisir Utara.Dari berbagai musibah itu tidak ada korban jiwa, kata Syaipullah Amir, Kepala BPBD Pesisir Barat melalui pesan whatsAppnya Jumat (10/1).

“Saat ini sedang musim hujan, bagi masyarakat untuk selalu waspada,apalagi pemukiman berada di pinggiran sungai. Begitu juga dengan pengguna kendaraan agar mawas diri saat berkendaraan, agar tidak terjebak tanah longsor dan pohon tumbang,” kata dia.

Untuk longsor, banjir dan pohon tumbang BPBD melalui Satlak dan TSBP telah turun kelapangan guna membantu para korban dan membersihkan material longsor dan pohon tumbang tutup, Syaipullah.

Terpisah Kapolsek Bengkunat Iptu Ono Karyono kepada wartawan mengungkapkan,pasca banjir di Pemangku Sukanegeri dan Banjar Negeri pada Jumat 10 Januari 2020 sekira pukul 17.00 WIB debit air sudah turun.

Penyebab terjadinya banjir kata Ono, akibat meluapnya air sungai Way Hanakau yang berada di Pemangku Sukanegeri dan luapan air sungai Way Talma yang berada di pemangku Banjar Negeri Pekon Negeri Ratu Ngambur.

Adapun yang dapat dilaporkan dari luapan air sungai tersebut di Pemangku Sukanegeri dan Banjar Negeri. Jalan menuju kantor Camat Ngambur masih tergenang air sepanjang 100 meter, dengan ketinggian 25 cm.

Sehingga akses jalan penghubung Pekon Negeri Ratu Ngambur -Pekon Bumi Ratu dan Pekon Mon atau sebaliknya sementara masih terhambat.Meski demikian jalan tersebut sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat

Tindakan kepolisian Bersama dengan, TNI Koramil Biha Pesisir Selatan, Polsek Bengkunat, BPBD Pesibar, Medis Puskesmas Ngambur, Pemerintahan Kecamatan ngambur dan aparatur Pekon Negeri Ratu Ngambur.

Dengan menggunakan Kapal perahu milik BPBD Pesisir Barat, Kadis Sosial Agus Triyadi, Camat Ngambur Sarhidi Spd, Danramil 0422 Biha Pesisir Selatan Kapten Suroto, Kapolsek Bengkunat Iptu Ono Karyono SH MH, Peratin Negeri Ratu Ngambur Zairin, Team BPBD Pesisir Barat dan pekon, Team Medis Puskesmas Kecamatan Ngambur, Para Babinsa, Para Bhabinkamtibmas.

“Kami melaksanakan monitoring situasi dan siaga guna pelayanan warga, serta memastikan bahwa warga telah terhindar dari banjir serta memberikan bantuan makanan dan minuman kepada para warga yang rumahnya terendam banjir. Dan juga melakukan pemeriksaan medis guna mengecek kesehatan warga,” terang Ono. (Gus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here