oleh

Pj Bupati Pringsewu Ekspos Desa Wisata Kampung Tapis Lugusari

Pringsewu (Netizenku.com): Ditetapkannya Pekon Lugusari sebagai Desa Wisata Kampung Tapis di Provinsi Lampung, Pemerintah Kabupaten Pringsewu terus melakukan persiapan, penataan, serta pengembangan terhadap pekon tersebut.

Hal ini diutarakan Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, pada acara ekspos Desa Wisata Kampung Tapis Pekon Lugusari di Ruang Rapat Sekda Kabupaten Pringsewu, Rabu (03/08/22).

Turut hadir di acara tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Masykur beserta beberapa kepala perangkat daerah dan camat serta kepala pekon, meskipun inti dari penetapan Pekon Lugusari sebagai Desa Wisata Kampung Tapis di Provinsi Lampung adalah pengembangan kerajinan kain tapis, tetapi pengembangannya harus terpadu dengan bidang serta potensi wisata lainnya.

Baca Juga  Satlantas Polres Pringsewu Gelar Rapid Antigen Gratis di Jalinbar

Diantaranya bidang pertanian, perikanan serta perkebunan dan lainnya. Terlebih sentra perikanan Kabupaten Pringsewu memang berada di Kecamatan Pagelaran, termasuk di Pekon Lugusari.

“Selain obyek wisata alam yang sudah ada di Pekon Lugusari, juga kita lihat kerajinan-kerajinan lainnya seperti UMKM. Jadi Pekon Lugusari ini bisa juga mengangkat pekon-pekon lain di sekitarnya yang mempunyai potensi UMKM,” ujarnya.

Baca Juga  Antisipasi Kecelakaan, Satlantas Pringsewu Pasang Spanduk Imbauan

Sementara itu, pada ekspos tersebut, terungkap bahwa perkembangan tapis di Pekon Lugusari berawal dari tahun 1992, di mana tapis ini mulai dilestarikan atas ide Dra Sunarti (alm) yang telah membawa dan mengundang guru dari Talangpadang bernama Zakwan.

Kemudian berdasarkan keputusan Gubernur Lampung No.G/319/V.26/HK/2022 tertanggal 18 Mei 2022 tentang Penetapan Lokasi Sentra Industri Kerajinan Tapis dan Desa Wisata Kampung Tapis di Provinsi Lampung di Pekon Lugusari, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu. Di Pekon Lugusari juga terdapat Kelompok Tapis ‘Mandiri’ beranggotakan 7 orang dengan ketua kelompok Kanti Lestari, dengan jumlah perajin mencapai 283 orang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Pringsewu.

Baca Juga  Fauzi Salut atas Kegigihan JMMPO Kembalikan TKI ke Pringsewu

Selain sebagai sentra tapis, Pekon Lugusari juga memiliki sejumlah potensi wisata lainnya, diantaranya wisata agro kebun jambu kristal dan jeruk, pemancingan, pura, ledeng pendem dan Jembatan Way Sekampung yang merupakan jembatan terpanjang di Provinsi Lampung, dan berbagai potensi wisata lainnya. (Rz/Len)