oleh

Pesibar Gelar Pelatihan Tari dan Musik Tradisional Lampung

Pesisir Barat (Netizenku.com): Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), menggelar pelatihan tari tradisional Lampung dan pelatihan musik tradisional Lampung tingkat SD dan SMP se-kabupaten setempat, di Gedung Serba Guna Selalaw Labuhan Jukung, Kru, Rabu (7/11).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesibar Hapzi.

Hapzi, melalui Kabid Kebudayaan Nora Elisa menyampaikan, bahwa kegiatan pelatihan ini adalah kegiatan rutin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesibar setiap tahunnya.

Baca Juga  Ariswandi Bantah, Bupati Pesibar Perintahkan Gedung Darma Wanita Dikunci

\”Tahun ini adalah kali kedua dilaksanakan pelatihan tari tradisional dan pelatihan musik tradisional Lampung, dimana pada tahun lalu juga dilaksanakan, \” jelas Nora.

Untuk tahun ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar pelatihan tari tradisional Lampung yakni pembakuan gerak tari Muli Ngantak Pengasan. Serta pelatihan pelatihan musik tradisional Lampung, Talo Balak atau Gamolan dan Robana.

\”Berbeda dengan tahun lalu, jenis tari dan musik yang diterapkan. Tahun ini dipilih seni tari tradisional Muli Ngantak Pengasan karena tari ini memang sangat sering dibawakan pada acara adat bahkan seremonial biasa. Sehingga pelatihan yang digelar setiap tahunnya berbeda-beda atau setiap tahunnya itu fokus pada satu tarian dan musik yang berbeda,\” lanjut dia.

Baca Juga  Gelar Operasi Cipta Kondisi Gabungan, Polsek Pesisir Tengah Ciduk Pasangan Mesum

Pelatihan seni tari tradisional Lampung diikuti oleh 100 peserta dan pada pelatihan Musik tradisional Lampung tersebut diikuti oleh 120 peserta tingkat SD dan SMP perwakilan dari masing-masing sekolah di Pesibar.

\”Pelatihnya didatangkan langsung dari Bandar Lampung dan dibantu oleh Sanggar Seni Teluk Stabas. Pelatihannya sendiri akan dilaksanakan tiga hari, Rabu-Jumat (7-9/11) mendatang, \” terang Nora.

Baca Juga  Erlina Hadiri Verifikasi Kabupaten-Kota Sehat Nasional

Diketahui kegiatan pembukaan pelatihan seni musik tradisional Lampung dan Tari Tradisional Lampung tersebut dihadiri juga oleh seluruh kepala sekolah peserta, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMP dan Kelompok Kerja Kepala sekolah (K3S) tingkas SD.(agus)

Komentar