oleh

Pesawaran-PT GGF Jaring Bibit Lokal Melalui Kontes Durian

Pesawaran (Netizenku.com): Dalam rangka menjaring bibit unggul durian lokal di Pesawaran, Dinas Pertanian setempat bekerja sama dengan PT Great Giant Food (GGF) menggelar kontes durian di Desa Sungai Langka Gedongtataan yang diikuti sekitar 100 kontestan.

\”Pelaksanaan kegiatan kontes buah durian ini merupakan agenda tahunan Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran bekerja sama dengan PT Great Giant Food Lampung dalam rangka menjaring bibit durian unggul lokal,\” ungkap Kepala Bidang Tanaman Hortikultura Dinas Pertanian, Dimyati saat menyampaikan laporan kegiatan, Selasa (18/2)

Dikatakannya tujuan kegiatan kontes durian adalah untuk mengajak semua elemen masyarakat, instansi pemerintah, swasta untuk bersama-sama melestarikan plasma nutfah tanaman durian yang menjadikan buah khas unggul yang potensial dan bernilai ekonomis tinggi.

Baca Juga  Tokoh Agama di Pesawaran Kompak Tolak Seruan People Power

\”Serta mencari potensi durian terbaik untuk dijadikan sumber pohon induk yang diharapkan kedepannya akan menjadi buah unggul Provinsi Lampung,\” ucapnya.

Sasaran dari acara kontes buah durian ini lanjut Kepala Bidang Tanaman Hortikultura ini adalah mencari buah durian unggul khas lokal yang dimiliki oleh petani, kelompok tani masyarakat yang ada di Kabupaten Pesawaran. Pencarian durian lokal varietas terbaik dengan kriteria yakni rasa daging buah (manis, gurih dan pahit), ketebalan daging buah,warna daging buah, tekstur, kadar air, ukuran biji, kesempurnaan juring buah, ketipisan kulit, warna kulit dan daya simpan.

Baca Juga  Pembagian Alsintan Sudin Kesal, Anggota Fraksi Pada Absen

\”Nantinya¬†akan dinilai oleh juri yang berpengalaman dibidangnya,\” ujarnya.

Sementara pimpinan PT GGF Lampung, Pauzan menambahkan, latar belakang utama pihaknya mengembangkan hortikultura yakni potensi durian lokal tidak lebih jelek dari potensi yang sudah kesohor.

\”Nyatanya banyak durian lokal yang lebih enak dan potensial untuk menjadi komersial. Itu kewajiban kita semua untuk mengembangkannya,\” imbuhnya.

Kemudian, melalui kontes durian diharapkan menghasilkan bibit unggul sehingga dapat dijadikan referensi masyarakat luar Pesawaran dalam mencari bibit durian unggulan.

\”GGF akan bertekad mengembangkan bibit durian lokal. Harapannya durian lokal Pesawaran dapat sejajar dengan durian dari mancanegara,\” katanya.

Baca Juga  Dendi Apresiasi Pemilihan Duta Pariwisata Muli Mekhanai 2019

Sedangkan menurut Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan, Budi Wirawan dalam kesempatan tersebut mewakili kadis, mengutarakan hingga saat ini sudah sebanyak 149 ton permusim buah durian asal Pesawaran yang dihasilkan dari total tanaman durian senyak 494.537 pohon.

\”Selain peningkatan produksi, salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pesawaran untuk mengembangkan potensi buah durian adalah melalui pencarian bibit lokal yang dapat dikembangkan manjadi bibit unggul durian lokal. Diharapkan dengan adanya pencapaian bibit lokal unggulan ini, akan dihasilkan kualitas buah durian khas Kabupaten Pesawaran yang dapat diterima oleh pasar dan menjadi produk unggulan lokal melalui eksplorasi varietas lokal,\” ungkapnya.(Soheh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *