oleh

Pemkab Lamtim Gelar Festival Panen Pedet

Lampung Timur (Netizenku.com): Dalam upaya menyemangati para peternak yang ada di Kabupaten Lampung Timur, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Lampung Timur menggelar Festival Panen Pedet, di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur, Sabtu (27/10/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim, Wakil Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan yang diwakili oleh Sekretariat Nasional Upsus, Siwab Wignyo Satwoko, Gubernur Lampung diwakili oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung, Desi Romas, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, KMS Tohir Hanafi, beberapa perwakilan dari kabupaten dan kota yang di Provinsi Lampung serta Forkopimda Lampung Timur.

Baca Juga  Pembangunan Rumah Jabatan Sekda dan Ketua DPRD Tubaba Lampung Mulai Dikerjakan

\"\"

Festival Panen Pedet (Anak Sapi) yang mengangkat tema “Meningkatkan Populasi dan Mutu Genetik Ternak Dalam Rangka Mewujudkan Kedaulatan Pangan Asal Hewan dan Kesejahteraan Peternak” kali ini diisi dengan berbagai kegiatan antara lain, Panen Pedet, Kontes Ternak, Pelayanan Terpadu Kesehatan Hewan, Kampanye Gizi, serta Pameran Pembangunan Peternakan.

Dalam sambutannya Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim menyampaikan, seluruh festival tahun 2018 yang ada di Lampung Timur masing-masing memiliki landasan filosofis, dimana bertujuan untuk menghargai kekayaan lokal sekaligus untuk menyemangati kekayaan lokal.

\”Seperti kemarin kita punya festival petik lada, itu untuk menyemangati petani lada, kali ini kita punya festival panen pedet untuk menyemangati peternak-peternak kita, intinya ingin membuat warga kita di Lampung Timur ini bahagia dan lebih semangat lagi dalam bekerja dan berkaya,\” ungkapnya.

Baca Juga  Gubernur dan Wagub  Dampingi Panglima TNI Tinjau Vaksinasi Merdeka 

\"\"

Saat ini Lampung Timur, lanjut Chusnunia Chalim, merupakan salah satu lumbung ternak yang menyangga kebutuhan kabupaten-kabupaten lain dan juga termasuk sebagian untuk dikirim ke Jakarta. Adapun populasi sapi di Lampung Timur saat ini sebanyak 126.126 ekor, kambing 157.244 ekor dan ayam sebanyak 1.700.000 ekor.

\”Lampung Timur bersyukur dengan hal tersebut, dan bentuk syukur kita yaitu dengan menganggarkan bantuan-bantuan untuk peternak-peternak tersebut, kita ada bantuan untuk bibit sapi, kambing, dan yang lainnya. Insyallah dalam minggu-minggu ini juga akan kita luncurkan karena sudah siap dan tinggal verifikasi akhir penerimanya supaya tidak keliru. Namun, salah satu pekerjaan rumah kita di Lampung Timur ini yakni kita masih harus bekerja keras untuk meyakinkan pada peternak-peternak kita, bahwa berternak sesungguhnya bisa menjadi mata pencaharian utama, kenapa ini menjadi penting, karena itu menjadi landasan awal karena kalau dari awal sudah yakin ini mampu maka peternak akan serius dan tidak setengah-setengah menjalankannya karena itu tentunya akan mempengaruhi hasil nantinya,\” ungkapnya.

Baca Juga  Masuk Zona Merah Covid 19, Pemprov Koordinasi dengan Pemkot

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan polis asuransi ternak, claim asuransi, pengumuman pemenang lomba stand pameran, dan penyerahan hadiah. (Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *