oleh

Parosil Hadiri Tasyakuran Adat Marga Ranau Buay Pematang Ribu

Liwa ( Netizenku.com): Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, menghadiri acara tasyakuran adat Marga Ranau Buay Pematang Ribu, yang di gelar di Lamban Gedung Jepara Tuha Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) Sumatera Selatan, Minggu (30/12).

Kehadiran Parosil Mabsus, mendapat sambutan hangat dari tuan rumah, pasalnya ada kedekatan ikatan batin antara keluarga besar Lamban Gedung Jepara Tuha dengan keluarga besar Parosil Mabsus yang berasal dari Lamban Gedung Sai Batin Gedung Asin Marga Liwa.

Baca Juga  Yanuar Irawan Dukung Pencopotan Pengurus Nakal KONI Lampung

\”Pak Mukhlis Basri dan Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus merupakan keluarga, karena antara kami masih ada ikatan kekerabatan, jadi kehadiran pak Parosil bukan karena beliau sebagai bupati, tetapi karena ada ikatan batin,\” kata Erwin.

Atin Erwin, panggilan akrab Erwin Moeslimin Singajuru, mengatakan tasyakuran tersebut sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat Allah SWT, termasuk rezeki atas ketiga putra Lamban Gedung Jepara Tuha yang sedang mengikuti pendidikan di Akademi Kepolisian dan Akademi Militer  (Akmil).

Baca Juga  Hati-hati! Jalan Lintas Pantai Barat Pekon Kenali Ambrol

Sementara Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, usai membuka hiburan panjat pinang pada kegiatan dengan nuansa adat dan kebudayan Islam tersebut, mengaku sangat bangga menjadi pemimpin Lampung Barat yang masih mempertahankan adat kebudayaan.

\”Adat mempersatukan, Kabupaten Lampung Barat yang berjuluk Bumi Sekala Bkhak Negeri Asal Sai Batin, merupakan faktor penting dalam menunjang keamanan, kedamaian serta memelihara keberagaman, untuk itu mari kita lestarikan bersama adat budaya yang kita miliki,\” kata Parosil.

Baca Juga  Covid-19, Resto dan Hotel Bebas Pajak Tiga Bulan

Menurut Parosil berdasarkan tambo  (Silsilah,red), Marga Ranau Buay Pematang Ribu Ranau Tengah OKUS ini nenek moyangnya yakni Pangeran Singajuru berasal dari Sekala Bkhak Kepaksian Bejalan Di Way kabupaten Lampung Barat.

\”Benar apa yang disampaikan Atin Erwin bahwa antara kami masih ada ikatan kekerabatan hal itu sesuai dengan yang tercatat dalam tambo, dan Alhamdulillah saya hari ini dapat hadir langsung pada acara yang dilaksanakan keluarga besar Lamban Gedung Jepara Tuha,\” tandas Parosil. (iwan)

Komentar