oleh

Ormas dan LSM Harus Pahami Pembangunan Daerah

Pesawaran (Netizenku.com): Pemerintah Kabupaten Pesawaran mengajak seluruh Ormas dan LSM yang ada di Pesawaran, untuk dapat terus berupaya memahami berbagai sisi dan dimensi pembangunan daerah.

Mulai dari kendalanya, hambatan dan tantangan potensi gangguan dan ancaman serta peluang dan prospeknya. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah apa yang sudah dilakukan dan yang harus dilakukan untuk mengatasi berbagai kendala dan hambatan pembangunan.

Ungkapan ini disampaikan Asisten l Syukur mewakili Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona pada pembukaan  pembinaan dan Pengawasan Ormas dan LSM Kabupaten Pesawaran Aula salah satu rumah makan di Gedongtataan, Senin (15/10).

\”Dalam kaitan itulah, saya berharap kalangan ormas dan LSM yang ada di Pesawaran ini, untuk terus berkiprah dengan menguasai berbagai persoalan yang kita hadapi di daerah kita ini,\” kata Sukur.

Baca Juga  Penilaian Tiga Kecamatan Berisiko Penyebaran Covid-19 Dinilai Tidak Fair

Eksistensi sebuah organisasi atau LSM akan diakui masyarakat jika mampu melakukan upaya-upaya pemberdayaan dan penyadaran masyarakat dan berbagai kegiatan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

\”Untuk itu pada kesempatan yang baik ini saya berharap agar ormas dan LSM dapat menjadi motor penggerak bagi terlaksananya suasana kondusif dalam pembangunan di Pesawaran ini. Mari kita jaga dan pelihara suasana yang selama ini aman, tentram, dan damai di Bumi Andan Jejama ini,\” harapnya.

Terlebih lagi lanjut Sukur, dalam hal mensukseskan pilpres dan pileg 2019, peran ormas dan LSM dirasa sangat penting. Bagian terpenting dari sebuah proses pemilu adalah peran dan partisipasi masyarakat. Pertimbangan rasional dengan menjadi pemilih cerdas perlu untuk terus disosialisasikan.

Baca Juga  Masyarakat Pesawaran Resah, Ini Penyebabnya

\”Peran ormas untuk mensosialisasikan hal tersebut diterapkan agar ormas dapat mendukung kelancaran pilpres dan pileg 2019 bersama pemerintah daerah dan stakeholder terkait seperti KPU dan Panwaslu. Sehingga pipres dan pileg 2019 khususnya di Kabupaten Pesawaran dapat berjalan aman, lancar dan kondusif sesuai dengan nilai-nilai kearifan lokal. Untuk itu kegiatan ini diharapkan dapat semakin menumbuh suburkan nilai-nilai kebersamaan dan saling menghormati satu sama lain, mengembangkan sikap toleransi, memantapkan persatuan dan kesatuan antar seluruh elemen masyarakat yang ada di Pesawaran ini.Karena Ormas dan LSM adalah mitra pemerintah,\” tambahnya.

Baca Juga  Penipuan Melalui Messenger, Nama Kadisdukcapil Pesawaran Dicatut

Dalam kesempatan tersebut, bupati dalam sambutannya kembali menegaskan atas nama pemerintah senantiasa berupaya memposisikan diri sebagai pihak yang tidak anti terhadap kritik. \”Oleh karena itu, peran aktif masyarakat itu tentu harus dipahami dalam bentuk dukungan. Dalam hal ini saya selaku bupati menegaskan bahwa dukungan itu bukan saja terbatas pada persetujuan dan partisipasi atas berbagai program pemerintah. Akan tetapi dukungan itu juga dapat berupa saran atau kritik  yang tajam sekalipun. Karena salah satu unsur penting penyampaian kritik konstruktif atau sosial kontrol adalah kemampuan kita dalam memahami berbagai persoalan pembangunan,\” ungkapnya.(Soheh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *