oleh

MUI Imbau Masyarakat Awasi Politik Uang

Bandarlampung (Netizenku): Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung mengimbau kepada masyarakat, khususnya umat islam untuk ikut serta mengawasi proses pelaksanaan pemilukada, guna mencegah terjadinya kecurangan, ketidakadilan dan gangguan keamanan jelang Pilgub Lampung, Juni mendatang.

Hal ini ditegaskan Ketua Umum MUI Lampung, KH. Khairudin Tahmid kepada Netizenku.com, bahwa pihaknya meminta masyarakat untuk mengedepankan akhlaqul karimah (politik santun) dalam proses demokrasi dengan tidak melakukan provokatif, black campaign (kampanye hitam), money politic (politik uang), atau menyebarkan issu-issu yang dapat mengganggu ketenteraman dan ketertiban masyarakat.

Baca Juga  Di Masa Tenang, 17.925 APK Paslon Pilwakot Bandarlampung Diturunkan

\”Karena ini momen Pilkada serentak, imbauan kita juga untuk Pilkada di dua daerah lain yakni Tanggamus dan Lampung Utara agar masyarakatnya dapat memelihara kerukunan dan ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam), ukhuwah insaniyah (persaudaraan antar ummat manusia) dan ukhuwah wathoniyah (persaudaraan sebangsa dan setanah air), meski berbeda kecenderungan dan pilihan politik,\” jelas Khairudin, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/3).

Baca Juga  Lagi, Kampanye Rycko-Jos Langgar Protokol Kesehatan

Sebab menurutnya, hal tersebut bagian dari menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan memelihara kebhinnekaan, ketertiban, kebersamaan, dan toleransi.

\”Masyarakat juga diimbau menggunakan hak pilih secara bertanggung jawab agar pemimpin dan pemerintahan yang
baik (good governance) dapat terwujud dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,\” ucapnya.

Pihaknya juga mengecam penggunaan tempat ibadah untuk kegiatan-kegiatan yang berbau politik dan atau mengandung unsur Suku, Agama dan Ras (SARA). Sebab hak ini untuk menjaga kesucian dan netralitas masjid dan musholla sebagai tempat ibadah dapat tetap terjaga,\” jelasnya.

Baca Juga  Jelang Pemilu 2019, Golkar Lampung Gelar Orientasi Fungsionaris

\”Mari kita bersama-sama Memohon kepada Allah SWT agar semua proses Pemilukada serentak 2018 bisa terlaksana secara jujur, adil, aman dan damai, serta menghasilkan pemimpin-pemimpin yang bertaqwa, dan memiliki semangat juang yang tinggi guna mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur dan sejahtera dalam lindungan Allah SWT,\” tambahnya. (Rio)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *