Metro Terima Penghargaan Adipura 2023 dari KLHK

Leni Marlina

Selasa, 5 Maret 2024 - 18:38 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro Ardah, menerima penghargaan Adipura dari KLHK. (Ist/NK)

Foto: Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro Ardah, menerima penghargaan Adipura dari KLHK. (Ist/NK)

Metro (Netizenku.com): Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI memberikan penghargaan Adipura Tahun 2023 kepada kabupaten dan kota yang dinilai berhasil mengelola kebersihan dan lingkungan hidup wilayahnya. Untuk Kota Metro Lampung sendiri meraih penghargaan Adipura dengan Kategori Kota Sedang atas kinerja dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau wilayah kota tahun 2023.

Penyerahan penghargaan tersebut, diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia Siti Nurbaya, di Auditorium dr. Soedjarwo Manggala Wana Bakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Selasa, (5/3/2024).

Dalam kesempatan tersebut, juga hadir Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin yang turut meramaikan kegiatan penyerahan penghargaan kepada kabupaten/kota bersih di Indonesia.

Dalam arahannya, wakil presiden mengajak seluruh masyarakat di Indonesia untuk menerapkan pola hidup sehat dan hidup bersih. Ia juga berharap penghargaan Adipura memicu semangat mengatasi persoalan sampah di masing-masing wilayah. Dia juga berharap kota dan kabupaten di RI mampu bersaing secara global, menjadi terbaik di Kawasan Asia Tenggara, bahkan dunia.

“Tentu ke depan saya harapkan program ini dapat terus diperkaya dengan ragam inovasi, sehingga mampu menyesuaikan dengan dinamika zaman, serta perubahan arah kebijakan,” ujarnya.

Terakhir dalam sambutannya, Wapres pun mengucapkan selamat kepada para Kepala Daerah penerima penghargaan Adipura tahun 2023.

“Penghargaan ini saya kira menjadi representasi kesungguhan dalam mengatasi persoalan lingkungan pada umumnya, juga persoalan sampah dan ruang terbuka hijau pada khususnya,” ujar Wapres.

Baca Juga  Ketua TP PKK Metro Minta Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Selain itu, Wapres juga mengharapkan penghargaan Adipura ini tidak menjadi titik akhir perjuangan, tetapi justru semakin membangkitkan semangat dan upaya kepala daerah dalam melakukan langkah konkret di lapangan, untuk mengatasi persoalan sampah di wilayah masing-masing.

Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan bahwa pada Adipura tahun 2023 ini telah dilaksanakan pemantauan lapangan terhadap 259 kabupaten/kota se-Indonesia, atau sebanyak 50,39% dari 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Lebih jauh, Siti melaporkan bahwa hasil Adipura 2023 mengalami kemajuan yang cukup signifikan dibandingkan dengan Adipura tahun sebelumnya, yaitu terjadi peningkatan jumlah daerah yang meraih anugerah Adipura sebesar 32,5%, dari 80 kabupaten/kota menjadi 106 kabupaten/kota.

Baca Juga  Pairin Targetkan Panen Jagung Capai Enam Ton Per Hektare

“Selain itu, berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan pada Adipura tahun 2023, sebanyak 63 daerah mengalami peningkatan kinerja pengelolaan sampah pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya,” katanya.

Sementara itu, usai menerima penghargaan Adipura, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Metro, Ardah, mewakili Walikota Metro mengatakan penghargaan ini menjadi lambang semangat baru untuk senantiasa meningkatkan kinerja sistem pengelolaan sampah yang lebih ramah lingkungan di masa-masa mendatang.

“Mengingat sejak tahun 2013 yang lalu, penghargaan ini tak lagi didapatkan oleh Kota Metro. Bukan hanya itu saja, ini juga sebuah tonggak baru model partisipasi, kontribusi, kolaborasi dan kemitraan dalam menunjang keberhasilan pencapaian target pengelolaan sampah mendatang,” jelasnya. (Rival)

Berita Terkait

Yuliawati Apresiasi Kinerja Dinas Perdagangan Kota Metro
Walikota Metro Kuliah Subuh di Masjid Taqwa
Disperindag Lampung-Disdag Metro Gelar Pasar Murah Bersubsidi
Pemkot Metro Terima Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP
Gubernur Lampung Resmikan RSH Kota Metro
Bangkit Haryo Utomo Buka Safari Dongeng Kota Metro
PKS Metro Antar Lima Anggotanya ke Kursi Legislatif
Wakil Walikota Metro Dukung Kelurahan Sesuai Kebutuhan

Berita Terkait

Minggu, 7 April 2024 - 06:00 WIB

PLN UID Lampung Siap Amankan Pasokan Listrik Idul Fitri 1445H

Jumat, 5 April 2024 - 08:35 WIB

PGN Pastikan Layanan Gas Bumi Aman dan Handal Selama Idul Fitri 1445 H

Kamis, 4 April 2024 - 00:34 WIB

Pernyataan Pelantikan PMII Balam Ditunda Salah, Rama Azizul: Dapid Novian Mastur Sah Dilantik

Selasa, 2 April 2024 - 22:02 WIB

Kolaborasi CCEP-Pondok Pesantren Bangun Kesadaran Lingkungan

Selasa, 2 April 2024 - 21:58 WIB

IHK Gabungan di Lampung pada Maret Tercatat Inflasi 0.36 Persen

Minggu, 31 Maret 2024 - 16:20 WIB

UPTD PPPA Balam Optimalisasi Pelayanan

Jumat, 29 Maret 2024 - 22:33 WIB

Humanika Balam Deklarasikan UA

Jumat, 29 Maret 2024 - 17:11 WIB

PMII Cabang Bandarlampung Segera Gelar Pelantikan

Berita Terbaru

Pesawaran

Hujan Deras Guyur Pesawaran, Beberapa Wilayah Tergenang Banjir

Jumat, 12 Apr 2024 - 19:31 WIB

Celoteh

Petuah Margaret Thatcher dan Peluang Umar Ahmad

Senin, 8 Apr 2024 - 04:10 WIB

Bandarlampung

PLN UID Lampung Siap Amankan Pasokan Listrik Idul Fitri 1445H

Minggu, 7 Apr 2024 - 06:00 WIB