oleh

Meski Banjir, Sawah di Pesawaran Aman

Pesawaran (Netizenku.com): Meskipun ada beberapa wilayah di Kabupaten Pesawaran yang terkena banjir, namun tidak berdampak pada lahan pertanian sawah yang ada. Karena berdasarkan data yang dihimpun Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pesawaran, hingga kemarin lahan pertanian sawah yang ada masih bisa dikatakan aman tidak mengalami kerusakan yang cukup parah.

\”Meskipun saat ini sudah masuk musim penghujan dan sempat terjadi banjir dibeberapa tempat khususnya di wilayah pesisir, namun tidak berdampak serius pada pertanian yang ada. Hanya berdampak sedikit sekali, padi yang ada hanya terendam tidak mengalami kerusakan yang serius dan itu tidak menyebabkan hingga gagal panen,\” ungkap Budi Wirawan, Kabid Tanaman Pangan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (3/13).

Baca Juga  Waspada Isu Penerimaan CPNS

Dijelaskan Budi, tidak benar kalau ada padi yang hanyut, karena yang hanyut terbawa banjir itu bukan padi melainkan hanya jerami paska panen.

Karena dijelaskan Budi, saat musim penghujan saat ini persawahan yang ada khususnya di wilayah pesisir seperti Punduh Pedadaa dan Padang Cermin, masih dalam tahap pengolahan lahan paska panen. \”Khususnya daerah pesisir seperti Kecamatan Marga Punduh dan Padang Cermin kalau untuk tanaman itu tidak ada yang mengalami kerusakan yang cukup serius hanya terendam saja tidak hanyut dan tidak menimbulkan dampak yang serius,\” katanya.

Baca Juga  Dinas PUPR Pesawaran Bantah Pengerjaan Gedung Setda Tidak Sesuai RAB

Lebih lanjut dia mengutarakan,apabila memang dari hasil pendataan ditemukan adanya tanaman padi yang mengalami kerusakan pihaknya akan memberikan bantuan berupa bibit padi siap tanam.\”Kalau kerusakan memang ada, tapi itu bukan bidang saya terjadi kerusakan pada bagian irigasi akan tetapi kalau  ada kerusakan tanaman padinya.  Paling kami minta bantuan cadangan benih nasional atau cadangan benih daearah. Karena kalau untuk bantuan bibit kita pesawaran tidak ada,\” ujar Budi.(soheh)

Baca Juga  Rakor DPSHP Molor, KPUD Pesawaran Kecewa

Komentar