oleh

Lampung Butuh 13.515.937 Dosis Vaksin Covid-19

Bandarlampung (Netizenku.com): Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, menyampaikan Lampung mengalami kekurangan vaksin Covid-19.

Reihana mengatakan sasaran penerima vaksin Covid-19 di Lampung sebanyak 6.645.226 orang.

“Dimana kita ketahui satu orang itu harus mendapatkan dua kali vaksinasi dan ada 10% nanti untuk tambahannya jika belum terdaftar. Jadi dosis yang kita perlukan untuk vaksinasi di Provinsi Lampung ini sejumlah 14.619.497 dosis,” kata Reihana dalam video konferensi persnya, Jumat (23/7).

Namun sampai saat ini, lanjut dia, Lampung baru mendapatkan distribusi dropping vaksin dari Kementerian Kesehatan berjumlah 1.103.560 dosis.

Baca Juga  PTM Terbatas, Deni Ribowo: guru dan siswa prioritas vaksinasi

“Dalam arti kekurangan vaksin di Provinsi Lampung ini sejumlah 13.515.937 dosis,” ujar dia.

Reihana menjelaskan jajaran dinas kesehatan melakukan vaksinasi sesuai dengan jumlah vaksin yang diterima dari Kementerian Kesehatan RI.

“Jadi dengan sasaran kita sekitar 14 juta, kita baru menerima satu juta dosis vaksin. Masih banyak sekali kekurangan kita,” kata dia.

Lampung Butuh 13.515.937 Dosis Vaksin Covid-19
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, dalam video konferensi pers, Jumat (23/7). Foto: Netizenku.com

Untuk mempercepat capaian vaksinasi di Lampung, gubernur mengirimkan surat kepada Menteri Koordinator Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, meminta percepatan dropping vaksin dari pusat agar jajaran dinas kesehatan, baik kabupaten/kota, provinsi, bisa bekerja lebih maksimal dengan dosis yang dikirimkan.

Baca Juga  Ombudsman Sayangkan Pelaksanaan PPDB yang Belum Sesuai Regulasi

“Tentu saja kita berharap secara bertahap bisa memenuhi target kita sejumlah 6 juta orang tersebut. Bagi masyarakat harap sabar menunggu sambil mematuhi protokol kesehatan dan menjalankan dengan ketat,” kata dia.

Reihana turut mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan TNI/Polri. Terlebih layanan mobil vaksinasi keliling Polda Lampung yang diluncurkan pada Rabu, 21 Juli 2021 di Lapangan Saburai, Enggal.

“Mobil vaksinasi keliling yang bisa menjangkau akses ke tempat vaksinasi yang sulit bagi lansia atau yang sakit, dan tidak sempat datang ke tempat vaksinasi,” ujar dia.

Baca Juga  Herman HN Bersedia Divaksin yang Pertama Asal Diizinkan

Baca Juga: Balitbangkes Temukan Varian Delta Tersebar di Lampung

Namun meski di tengah keterbatasan vaksin Covid-19 bagi masyarakat Lampung, Reihana berharap secara pribadi dan sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, agar kabupaten/kota ikut membantu warga non domisili setempat dalam mendapatkan vaksin Covid-19.

“Provinsi Lampung juga bagian dari NKRI, jika ada e-KTP yang tidak berdomisili di tempat yang didatangi vaksinasi, mohon dibantu diberikan vaksinnya karena kita semua adalah rakyat Indonesia bersatu dalam NKRI,” pungkas dia. (Josua)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *