BERBAGI

Tulangbawang (Netizenku.com): Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang, dalam mencegah terjadinya penyebaran virus Corona mendapatkan dukungan dan apresiasi dari pemerintah pusat.

Melalui Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, Pemkab Tulangbawang menerima bantuan kendaraan roda tiga (Becak Motor) atau Cator, khusus dipergunakan untuk penyemprotan disinfektan yang diberikan langsung oleh pemerintah pusat.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Anggota DPR RI Komisi IV, Sudin, sekaligus diisi dengan diskusi tentang penanganan limbah medis Covid-19, diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Ristu Irham, di Pemprov Lampung, sebagai wujud dukungan dan apresiasi pemerintah pusat kepada Pemkab Tulangbawang dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 selama beberapa bulan terakhir.

Mewakili Bupati Tulangbawang, Kadis DLH, Ristu Irham, menjelaskan jika dua unit kendaraan bermotor roda tiga tersebut merupakan bantuan dari Kementrian Lingkungan Hidup yang dilengkapi dengan tangki air 500 liter dan mesin penyemprotan.

Nantinya kata Ristu dua unit kendaraan disinfektan itu akan dipergunakan pihaknya untuk melakukan penyemprotan disinfektan, pada wilayah-wilayah yang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat yang ada di Tulangbawang.

“Seperti di gang dalam pasar maupun pada area perkantoran atau tempat-tempat lainnya yang sulit, maka petugas akan mendatanggi area tersebut untuk melakukan penyemprotan disinfektan,” terang Ristu, Senin (3/8).

Ristu menerangkan, penyemprotan disinfektan oleh gugus tugas Covid-19 selama ini hanya menjangkau area-area tertentu, sementara pada area tersulit dijangkau oleh mobilisasi gugus tugas mengunakan tenaga manual yang hanya mampu membawa 20-25 liter disinfektan.

Karena rata-rata menurut Ristu, tenaga manual hanya mampu melaksanakan penyemprotan puluhan rumah setiap harinya, lantaran keterbatasan tenaga, sarana dan prasarana yang digunakan.

“Nah, dengan adanya kendaraan ini maka tenaga manual lebih dipermudah, apalagi tangki khusus bisa menampung 500 liter disinfektan, artinya sehari satu kendaraan bisa mengelilingi satu kampung nantinya,” ujarnya.

Ristu menambahkan, atas nama Pemkab Tulangbawang dirinya mengaku sangat berterima kasih kepada KLHK dan Komisi IV DPR RI yang telah memberikan bantuan dua unit kendaraan disinfektan guna mencegah penyebaran virus Corona.

Dengan diberikannya bantuan tersebut kepada Pemkab Tulangbawang, maka ke depan dipastikan Pemkab akan lebih intensif melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Saat ini khususnya di Kabupaten Tulangbawang, upaya pencegahan Corona terus dilakukan untuk mempertahankan zona hijau, jadi sekecil apapun bantuan yang diberikan, akan sangat berguna dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat, agar terhindar dari penyebaran Vovid-19,” tukasnya. (Armadan/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here