oleh

Kembangkan PAUD di Tuba, Pusat Kucurkan Rp5 M

Tulang Bawang (Netizenku.com): Sebanyak 171 sekolah PAUD akan menerima bantuan anggaran program pembiayaan dan pengembangan pendidikan dari pemerintah pusat.

Bupati Tulang Bawang, Winarti mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengucurkan anggaran sebesar Rp5,740 miliar untuk Tulang Bawang (Tuba), yang dikemas dalam bentuk dana hibah melalui Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) khusus di bidang pendidikan usia dini. Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat dalam pembiayaan pendidikan dan penyelenggaraan PAUD.

Baca Juga  DP3A Tulang Bawang akan Wujudkan Program Kelana

\”Sebab pada tahun ini pendidikan dini atau yang sering kita sebut sebagai sekolah PAUD itu memang sedang menjadi program skala prioritas Pak Presiden RI Joko Widodo. Mengingat sekolah PAUD sangat penting dan berpengaruh untuk kemajuan daerah kita kedepan,\” ucap Winarti, pada acara penyerahan dana hibah BOP di PAUD Karya Bhakti, Kecamatan Menggala Timur, Rabu (15/8).

Baca Juga  Pencairan Terlambat, Tuba Kesulitan Gunakan Sistem E-planning dan E-budgeting

Pemberian bantuan tersebut berdasarkan juknis Kemendikbud BOP tahun 2018 dengan Permendikbud No 2 tahun 2018 dalam anjuran pengeluaran anggaran BOP yang diterima pihaknya tersebut, selain harus diberikan secara langsung kepada seluruh sekolah PAUD yang layak dan sesuai data. Jadi, penggunaannya harus berdasarkan aturan.

\”Jadi begini, selain anggaran Rp5,740 miliar akan kami bagikan kepada sebanyak 171 sekolah PAUD di Tulang Bawang, maka dalam pembelanjaan kegiatannya pun sebesar 50% dari total penerimaan dana BOP itu digunakan untuk pembelajaran, sedangkan untuk pembelanjaan kegiatan pendukung sebesar 35% dan pembelanjaan lainnya itu 15% dari dana penerima BOP sesuai persentasinya,\” bebernya.

Baca Juga  Tulangbawang Akan Rehab Ikon Tugu Garuda

Winarti mengakui, PAUD di Tuba selain kekurangan tenaga pengajar, saran dan prasarananya juga kurang memadai. Makanya, mengingat dana hibah telah diterima maka September mendatang anggarannya sudah bisa direalisasikan.(armadan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *