oleh

Jumlah Mata Pilih Pileg 2019 di Lamteng Alami Peningkatan

Lampung Tengah (Netizenku.com): Jumlah pemilih pada pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2019 di Lampung Tengah mengalami peningkatan yang cukup siginifikan dibanding Pemilu Gubernur Lampung 2018.

Berdasarkan data yang diperoleh dari KPU Lampung Tengah menyebut ada 923.566 mata pilih yang telah ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) Pileg 2019 melalui rapat pleno Selasa (21/8). Sementara pada pelaksanaan Pilgub Lampung 2018 jumlah DPT hanya 898.788. Terjadi peningkatan jumlah mata pilih sebanyak 24.778.

Baca Juga  Meriahkan HUT RI, Pemuda Kreatif Lamteng Gelar Lomba Game ML

Komisioner KPU Lamteng Dra. Mutmainah, M.Ag mengakui, ada penambahan jumlah mata pilih pada Pileg 2019 dibandingkan Pilgub 2018. Penambahan mata pilih berasal dari pemilih pemula, yakni kalangan pelajar yang telah cukup umur dan telah memiliki kesempatan untuk menggunakan hak suara.

Kemudian mengenai partisipasi penghuni lembaga masyarakat (Lapas) Gunungsugih pada Pileg 2019, Mutmainah mengatakan, akan berupaya agar semua penghuni lapas bisa memilih. \”Kalau waktu Pilgub memang terkendala dengan tidak adanya KTP-E. Tapi, sekarang sudah mulai dilakukan pendataan KTP-E,\” kata Mutmainah kepada Netizenku.com, Kamis (23/8).

Baca Juga  Tanggul Jebol Rendam Dua Kampung

Rapat pleno penetapan DPT Pileg 2019, juga dihadiri Ketua KPU Lamteng, Budi Hadi Yunanto, Siti Khotijah, Irawan Indra Jaya, dan Doddy Syakhrun Tanjung serta unsur dari partai politik peserta Pileg 2019. Pada rapat itu juga ditetapkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 3.948 yang tersebar pada 311 kampung dan kelurahan se-Lamteng.

Baca Juga  Loekman Minta Camat Inventarisir Daerah Rawan Banjir

Sementara terkait dengan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPRD Lamteng yang telah diumumkan, KPU setempat tidak menerima tanggapan atau masukan dari masyarakat. Dimungkinkan tidak terjadi perubahan pada DCS sehingga nama-nama DCS tetap sama. Dijadwalkan, KPU Lamteng akan mengumumkan daftar calon tetap (DCT) pada September mendatang.

\”Kami belum menerima tanggapan dari masyarakat. Kemungkinan tidak terjadi perubahan pada DCT nanti,\” kata Irawan Indra Jaya. (Sansurya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *