BERBAGI

Lampung Timur (Netizenku.com): Guna menjaga terjalinnya harmonisasi dan mengantisipasi terjadinya konflik sosial di tengah-tengah masyarakat, Forum Keserasian Sosial Desa Mekar Jaya, Kecamatan Jabung, menyelenggarakan pentas seni budaya kuda lumping dengan mengedepankan kearipan lokal.

Kepala Dinas Sosial Lampung Timur (Lamtim), Darmuji, mengatakan untuk menjaga harmonisasi dan sekaligus upaya pencegahan konflik sosial di masyarakat, maka seni budaya merupakan salah satu cara untuk menjadi perekat. Kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan bersama masyarakat untuk membangkitkan kearifan lokal, dan membangun komitmen toleransi di masyarakat.

“Masyarakat yang ada di desa memang sangat rentan terjadi konflik sosial, maka upaya pencegahan harus terus dilakukan melalui pendekatan kearifan lokal dengan melakukan berbagai macam pentas seni,” ungkapnya saat menghadiri acara tersebut.

Dikatakannya, kegiatan pentas seni kuda lumping yang dilakukan Forum Keserasian Sosial ini tentunya sangat perlu digalakkan di setiap desa, karena kegiatan seperti ini merupakan keselarasan dari program pemerintah. Di era globalisasi saat ini, pemerintah selalu menggalakkan agar adanya upaya untuk menyikapi persoalan yang dapat memicuk konflik sosial di masyarakat.

“Maka untuk mewujudkan tujuan tersebut, perlu di selenggarakan pentas seni yang mengedepankan kearifan lokal yang ada di desa maupun daerah tersebut,” ungkapnya. (Nainggolan/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here