oleh

DPT Pilgub di Tanggamus 440.522

-Politik-15 views

Tanggamus (Netizenku.com): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Bupati (Pilbup) Juni 2018 sebanyak 440.522 pemilih, dengan rincian laki laki 225.491 dan perempuan 215.031. Sementara jumlah DPS 507.631 sehingga terdapat selisih 67.109.

Menurut Ketua KPU Tanggamus, Otto Yuri Saputra, terdapatnya selisih antara DPS dengan DPT karena saat perbaikan, ditemukan data ganda dan ada pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS).

\”Sebelum DPT ini ditetapkan, lebih dulu dilakukan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) yang dilakukan ditingkat PPK masing-masing. DPT ini penting karena menyangkut hak pilih masyarakat Tanggamus dalam menggunakan hak konstituonalnya pada 27 Juni 2018,\” ujar Otto, Rabu (18/4).

Baca Juga  Kapolda-Bawaslu Sepakat Siap Tindak Black Campaign

Komisioner KPU Divisi Perencanaan dan Data, Hayesta F. Imanda menambahkan, setelah sudah ditetapkannya DPT maka dibagikan kepada instansi terkait, Panwas dan tim dari masing-masing paslon untuk dicermati bersama.

\”Hasil DPT sudah dibagikan, mari dicermati bersama-sama, kalau masih ada masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pemilih namun belum terdata bisa disampaikan ke kami, nanti bisa disusulkan saat pleno DPT di KPU Provinsi Lampung,\” ujar Hayesta.

Baca Juga  Mahkamah Konstitusi Kabulkan Penarikan Permohonan Yutuber

Hayesta juga tidak menampik, jika masih ada penambahan pemilih, mengingat masih ada warga yang melakukan perekaman data. \”Kan masih ada masyarakat yang melakukan perekaman data, nanti kalau sudah ditetapkan lewat pleno provinsi, masyarakat yang memenuhi syarat namun belum masuk sebagai pemilih, bisa datang ke TPS dengan membawa e-KTP atau surat keterangan (Suket) dari Disdukcapil mereka ini masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) bisa milihnya dari pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB,\” ucapnya.

Sementara, Anggota Panwaslu Kabupaten Tanggamus, Ahmad Ngafan mengatakan bahwa ada perbedaan data antara yang dimiliki Panwaslu dengan KPU. \”Data yang kami punya 444.633 terdapat selisih 4.100 memang data dari kami bukan yang dipakai tapi ini bisa jadi bahan bagi KPU, yang jelas selama dua hari kedepan akan kita cermati lagi,\” ujar Ahmad.

Baca Juga  DKPP Kukuhkan Enam TPD dari Provinsi Lampung Periode 2021-2022

Untuk diketahui, rapat pleno DPT kemarin turut dihadiri Kasdim 0424 Tanggamus Mayor (Inf) Suhada Erwin , Kasat Intel Iptu Andi Yunara, LO paslon Dewi-Syafii, Supianto, LO paslon Samsul Hadi-Nuzul Irsan (Sam-Ni) Fahruri dan PPK. (Rapik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *