oleh

DPRD Lamteng Usulkan Status Bendungan Way Pengubuan Menjadi Waduk

Lampung Tengah (Netizenku): Komisi I DPRD Lampung Tengah akan mengusulkan kepada Pemerintah Pusat agar Bendungan Way Pengubuan yang berada di Kampung Gedung Harta, Kecamatan Selagai Lingga, dapat ditingkatkan statusnya menjadi waduk.

Dengan peningkatan status itu, diharapkan waduk akan dapat mengaliri dan mencetak puluhan ribu hektare sawah petani juga sebagai salah satu potensi wisata bagi masyarakat Lampung Tengah.

\”Sejak dibangun pada tahun 1980, kondisi bendungan Way Pengubuan sudah sangat memprihatinkan, karena terjadi pendangkalan dan debit airnya turun drastis sehingga berdampak pada jumlah sawah warga yang dapat dialirinya. Untuk itu, kami mengusulkan kepada pemerintah untuk dapat meningkatkan status bendungan tersebut menjadi waduk seperti di Batu Tegi,” kata anggota Komisi I DPRD Lamteng Hakki.

Baca Juga  Napi Lapas Gunung Sugih Gotong-Royong Bangun Musholla

Hakki mengungkapkan, dengan peningkatan status menjadi waduk, akan lebih banyak menampung air dan dapat mengaliri puluhan ribu hektare sawah di Lampung Tengah dan juga menciptakan pariwisata baru.

Untuk mewujudkan hal itu, anggota Komisi I DPRD Lampung Tengah dari fraksi PDI Perjuangan ini akan segera membawa usulan atas masukan masyarakat setrmpat tersebut ke pemerintah pusat dan juga Kementerian Pariwisata untuk dapat segera ditindaklanjuti.

Baca Juga  Jumat, Jokowi Sambangi Lamteng

Diketahui, Bendungan Way Pengubuan seluas 40 hektare di tanah milik Dinas Pekerjaan Umum belum pernah dilakukan pengerukan sehingga terjadi pendangkalan, yang awalnya dapat mengaliri sawah 5.000 hektare saat ini sudah berkurang. Untuk itulah masyarakat mengusulkan untuk dijadilkan waduk.

“Saya minta masyarakat untuk menandatangani pernyataan tersebut kemudian akan saya bawa usulan dari masyarakat Kecamatan Selagai Lingga ke pemerintah pusat melaui Dinas Pengairan dan juga ke Kementerian Pariwisata agar segera dapat ditindaklanjuti,” terang Hakki.

Sementara itu, Sulaiman, salah satu tokoh masyarakat di Kampung Gedung Harta mengatakan bahwa di sekitar bendungan terdapat banyak sekali sawah petani yang kekurangan air.

Baca Juga  Konferwil NU ke-X Disulap Jadi \'Kota Santri\'

Ia berharap agar bendungan tersebut dapat ditingkatkan menjadi waduk sehingga airnya bertambah besar. Sebelumnya, pihaknya pernah mengusulkan ke pemerintah pusat namun hingga saat ini belum mendapatkan hasilnya.

\”Di sekitar bendungan ini banyak sekali sawah petani yang kekurangan air karena kondisi bendungan Way Pengubuan ini dangkal tidak pernah dikeruk sehingga airnya tidak mencukupi lagi. Untuk itu masyarakat berharap agar bendungan ini dijadikan waduk, jadi dapat menampung banyak air,” pungkasnya. (Sansurya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *