Dinas Pariwisata Lampung Kembali Gelar Krakatau Award

Redaksi

Sabtu, 5 Mei 2018 - 16:00 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bandarlampung (Netizenku.com): Dinas Pariwisata Provinsi Lampung kembali menggelar Krakatau Award 2018 sekaitan Festival Krakatau yang digelar setiap tahunnya. Kali ini, dalam ajang tersebut digelar juga penghargaan bagi Lomba Cipta Cerpen tingkat Nasional.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Budiharto Herman N di Bandarlampung. Dikatakannya, pada tahun lalu Krakatau Award menggelar Lomba Cipta Puisi dan telah dibukukan dengan tajuk Hikayat Secangkir Robusta.

Dijelaskan Budiharto, Lampung memiliki peradaban bernilai tinggi. Sebab tidak banyak daerah di Indonesia yang mempunyai aksara. Sebut saja Jawa, Bali, Bugis, Batak, di samping daerah Lampung. Meskipun dibutuhkan pembuktian secara ilmiah dan perlu adanya penelitian lebih jauh, daerah L:ampung sampai kini, kerap disebut pernah terdapat dua kerajaan, yakni Kerajaan Sekala Brak di Lampung Barat dan Kerajaan Tulangbawang di Pagar Dewa, Tulangbawang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lalu kekayaan dan keragaman senibudaya yang tak kalah menarik dan memesona dibanding daerah lain di Indonesia. Baik seni budaya yang berakan dalam kehidupan sehari-hari, maupun yang berakan pada adat-istiadat yang tumbuh dalam falsafah kehidupan masyarakat Lampung yang disebut Piil Pesenggiri. Seni budaya Lampung tumbuh dan berkembang subur di masyarakat hingga kini, khusunya di wilayah pedesaan (tiyuh).

Baca Juga  Dinas Pertanian Balam Catat 20 Ekor Ternak Kambing Terinfeksi PMK

“Melalui event Festival Karakatau yang digagas sejak 1990, Pemerintah Provinsi Lampung mempromosikan objek-objek wisata dimaksud selain kekayaan dan keragaman seni budaya dari tiap-tiap daerah Kabupaten/ Kota. Dengan tujuan dapat diapresiasi dan mengangkat jumlah kedatangan turis nusan tara maupun manca negara,” jelas Budi, Sabtu (5/5).

Sementara itu, Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Linda L. Sumadewi, menjelaskan, jika pada 2017 digelar Lomba Cipta Puisi maka pada tahun ini pihaknya menyelenggarakan Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional. Karya cerpen diutamakan berlatarbelakang senibudaya, sejarah, ataupun destinasi wisata yang ada di Lampung.

Linda menambahkan, persyaratan Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional memperebutan Krakatau Award dengan total uang Rp10 juta, adalah, peserta Warga Negara Indonesia (WNI) baik yang menetap di Indonesia maupun di luar negeri, Tema Cerita Pendek (Cerpen) “Piil Pesenggiri Sebagai Spirit Pembangunan Provinsi Lampung”, setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 (satu) karya cerpen, Naskah diketik dengan font Time New Roman (rata kanan dan rata kiri masing-masing 3 cm, point 12, Spasi 1.5, dan ukuran kertas A4), Panjang cerpen minimal 4 (empat) halaman, dan maksimal 7 (tujuh) halaman.

Baca Juga  Eva Dwiana Launching Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 di Bandarlampung

Lalu, cerpen harus menggunakan bahasa Indonesia, Cerpen merupakan asli karya sendiri, bukan saduran atau plagiarisme. “Cerpen belum pernah di publikasikan atau diikutsertakan pada lomba lainnya. Cerpen yang dibuat tidak mengandung informasi, berita, fakta, dan pemikiran yang melanggar hukum, etika, SARA dan pornografi,” jelas Linda L. Sumadewi melalui rilisnya.

Persyaratan lain dari lomba ini ialah, peserta harus melengkapi biodata diskriptif maksimal 20 baris, dan identitas diri sesuai Kartu Tanda Penduduk atau identitas yang masih berlaku beserta Nomor HP dan alamat email, Biodata dan identitas diri di buat di lembar terpisah dengan naskah cerpen. Peserta juga menyertakan lembaran Surat Pernyataan di atas materai bahwa cerpen yang dikirim merupakan karya (asli) sendiri dan bukan saduran atau plagiat, serta bersedia menerima sanksi; mengembalikan semua bentuk penghargaan yang diterima apabila surat pernyataan yang dibuat ternyata (diketahui) tidak benar.

Baca Juga  Kadis PU akan Alihkan Anggaran Lain Untuk Perbaikan Jalan

“Naskah cerpen, surat pernyataan, biodata dan identitas diri dikirim ke alamat: Panitia Lomba Penulisan Cerita Pendek Tingkat Nasional Krakatau Award Tahun 2018 ke alamat email: bidangkelembagaandisparprov@gmail.com paling lambat tanggal 23 Juli 2018 jam 24.00 wib,” kata dia.

Karya para pemenang 1, 2, 3, dan 10 (sepuluh) nominasi selain mendapatkan uang, juga akan dibukukan. “Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat,” tegasnya.

Para pemenang lomba juara 1 mendapatkan uang tunai sebesar Rp3.500.000, juara 2 (Rp2.500.000), juara 3 (Rp1.500.000), dan 10 karya nominasi mendapatkan uang Rp250 ribu. “Selain itu akan mendapatkan sertifikasi, buku cerpen. Namun, untuk juara 1, 2, dan 3 dijadwalkan diundang untuk memperoleh hadiah dan mendapat akomodasi saat di Lampung,” ucap Linda didampingi Kasi Kelembagaan Dinas Pariwisata Lampung, Syaiful Irba Tanpaka. (*/Red)

Berita Terkait

Paket Internet #SuperSeru Tawarkan Kuota Lebih Banyak Internetan Jadi Lebih Seru
Forum Investasi Lampung Segera Sampaikan Proyek Investasi yang Siap Ditawarkan 
Ramaikan! Berikut Jadwal Vaksinasi Rabies di 20 Kecamatan Se-Bandarlampung
Pemkot Kejar Utang, Pemprov Siap Penuhi Panggilan Dewan
Ketua KNPI Lampung Kembalikan Berkas ke 3 Parpol
Distan Balam Ajukan Penambahan Pupuk Subsidi
5 Bulan Tertunda, Kantor Bawaslu Balam Diresmikan
Pekan Depan Distan Balam Gelar Vaksinasi Rabies di 20 Kecamatan

Berita Terkait

Kamis, 16 Mei 2024 - 19:35 WIB

Tunjang Ketahanan dan Swasembada Pangan, Dendi Tanam Kedelai

Kamis, 16 Mei 2024 - 15:25 WIB

Dendi Tekankan Penyelenggara Pemilu Jaga Netralitas

Rabu, 15 Mei 2024 - 18:04 WIB

Ketua TP PKK Pesawaran Hadiri Acara Puncak HUT ke-44 Dekranas

Selasa, 14 Mei 2024 - 18:19 WIB

BPK RI Beri Opini WTP Laporan Keuangan Pesawaran Tahun 2023

Senin, 13 Mei 2024 - 16:24 WIB

DPRD Pesawaran Nilai Polemik Lahan 329 H Persoalan Simpel

Minggu, 12 Mei 2024 - 17:46 WIB

Masyarakat Rejosari Gotong Royong Bongkar Gedung Balai Pekon untuk Renovasi

Minggu, 12 Mei 2024 - 12:58 WIB

Melawan, Pelaku Jambret Dihadiahi Timah Panas Tekab 308 Polres Pesawaran

Jumat, 10 Mei 2024 - 19:14 WIB

Polres Pesawaran Koordinasi Penangkapan Buaya di Teluk Pandan

Berita Terbaru

Pringsewu

APDESI Pringsewu MoU dengan Advokat Nurul Hidayah

Sabtu, 18 Mei 2024 - 21:29 WIB

Pringsewu

Curi Alat Pres Genteng, Dua Warga Tanggamus Diamuk Massa

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:40 WIB

Kepala BPKAD Kota Bandarlampung, M Nur Ramdhan, didampingi Sekretaris BPKAD Zakky Irawan dan Humas Kota Bandarlampung Ali Rozi. (Foto: Agis)

Lainnya

Pemkot Siap Hadapi Tudingan LCW Soal Dugaan Tipikor

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:54 WIB