oleh

Dewan Pers Himbau Pemda Dukung Terbentuknya Media Watch

Bandarlampung (Netizenku.com): Untuk menjaga dan mengawasi peredaran berita hoax yang dapat merugikan, Anggota Dewan Pers, Anthonius Jimmy Silalahi menghimbau agar pemerintah daerah mendukung terbentuknya Media Watch.

Menurut Jimmy, keberadaan media watch nantinya akan sangat penting untuk menjaga kenetralan pemberitaan. \”Tugasnya sangat jelas, untuk menjaga kenetralan pemberitaan, juga untuk membantu pemerintah dalam mengontrol pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik di tingkat daerah,\” jelas Jimmy saat ditemui Lentera Swara Lampung di sela-sela kegiatan Workshop Jurnalistik bertema \”Bakti untuk Negeri\” di Batiqa Hotel, Jumat (24/8).

Baca Juga  Jembatan Layang Sultan Agung \'Cantik\' Simbol Semangat Kerja

Ia mengungkapkan, media watch dapat berupa komunitas atau lembaga, akan tetapi benar-benar mampu netral tanpa ada tendensi dari pihak manapun. \”Kalau masih bisa dibolak-balik oleh suatu pihak, belum bisa disebut media watch. Karena lembaga ini harus benar-benar netral,\” ujarnya.

Selain media watch, Jimmybjuga menyarankan adanya Ombudsman Media. Menurutnya, Ombudmans Media ini perlu agar setiap media juga memiliki pengawasan tersendiri. \”Tidak perlu lembaga, bisa saja wartawan senior dari suatu media tersebut, sehingga saat rapat redaksi, Ombudmans bisa memberikan penilaian objektif terhadap perjalanan medianya,\” terang Jimmy.

Baca Juga  Dukung Atlet Indonesia, Ratusan Masyarakat Padati Tugu Adipura

Namun perlu digaris bawaho, tambah Jimmy, orangbyang menjadi Ombudsman media haruslah otang yang benar mengerti tentang regulasi media, sehingga kritik yang disampaikan dapat memajukan medianya. (Aby)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *