oleh

Dendi-Eriawan akan Tingkatkan Pertanian

Pesawaran (Netizenku.com): Memasuki usianya yang ke-12 tahun,  dan dalam tiga tahun kepemimpinan Dendi Ramadhona bersama Eriawan (Dermawan) di Kabupaten Pesawaran, telah banyak melaksanakan pembangunan baik infrastruktur daerah maupun pembangunan SDM.

Dendi-Eriawan juga akan memajukan kesejahteraan masyarakat dibidang pertanian menuju pertumbuhan ekonomi, petani makmur dan sejahtera.

\”Saya akui masih banyak yang harus dibenahi untuk membangun Kabupaten Pesawaran menjadi lebih baik lagi, meskipun banyak hal yang sudah dilakukan. Namun demikian, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, karenanya seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh komponen masyarakat lainnya harus bahu membahu agar apa yang menjadi prioritas pembangunan Kabupaten Pesawaran dapat segera diwujudkan,\” kata Dendi Ramadhona, saat menggelar expose capaian pembangunan tiga tahun kepemimpinan Dermawan di Krakatau View dan Resto Pantai  Sari Ringgung Teluk Pandan, Rabu (20/2).

Pada kesempatan tersebut pihaknya selaku bupati tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pembangunan di Kabupaten Pesawaran. \”Semua hal yang telah dicapai datangnya dari semua pihak yang mempunyai pengalaman bertahun-tahun dan kita berharap, untuk lebih meningkatkan kerjasama untuk bisa melakukan yang terbaik untuk rakyat di Kabupaten Pesawaran. Ucapan terima kasih juga saya ucapkan kepada semua komponen yang berada diluar pemerintahan yang telah terlibat untuk memberikan dukungan dalam membangun Kabupaten Pesawaran,\” tambahnya.

Baca Juga  Kadis Menampik Pembangunan Gedung Galeri Pesawaran Proyek Rongsokan

Termasuk kepada media massa, baik cetak maupun elektronik atas peran sertanya dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat. Dan Kepada masyarakat Pesawaran berharap agar semakin kompak dan tinggi tingkat partisipasinya dalam pembangunan.

Lebih lanjut dia mengutarakan, semua  keberhasilan  yang  telah  dicapai,  adalah berkat kerja keras dan kerjasama seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten Pesawaran. \”Kami menyadari,  disamping  keberhasilan dan kemajuan pembangunan, tentunya masih terdapat hal-hal yang perlu terus ditingkatkan dan disempurnakan baik dari sisi kebijakan, program maupun kegiatan. Kita yakin dengan semangat kebersamaan dan persatuan, semua kendala dan kekurangan itu akan dapat diselesaikan dengan baik,\” jelasnya lagi.

Pada kesempatan tersebut Dendi juga menyampaikan bahwa rancangan tema pembangunan Kabupaten Pesawaran tahun 2020 adalah akselarasi pengurangan kemiskinan dan pengangguran untuk pertumbuhan berkualitas, dengan prioritas pembangunan Kabupaten Pesawaran tahun 2020 difokuskan pada, peningkatan pembangunan manusia dan perwujudan kehidupan sosial yang harmonis, penguatan infrastruktur dan kesiapan penanggulangan bencana, serta percepatan perwujudan desa tangguh dan mandiri, peningkatan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabel dan berkinerja tinggi dan percepatan pengembangan sektor unggulan dan peningkatan iklim investasi dalam memperkuat perekonomian daerah.

Baca Juga  Polsek Pagelaran Bentuk KTN di Pekon Lugusari

 

 

Untuk mewujudkan tema tahun 2020 dalam pengentasan pengangguran terdapat program peningkatan sarana Prasarana dan produktivitas tenaga kerja, program peningkatan kesempatan kerja dan program pengembangan sumber daya alam berbasis kearifan lokal sehingga dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Sedangkan dalam hal kemiskinan terdapat program usaha agrobisnis pedesaan dalam meningkatnya sektor pertanian.  Sementara itu, kerberhasilan yang sudah dicapai untuk dibidang pertanian menuju pertumbuhan ekonomi, petani makmur dan sejahtera yang sudah dicapai yakni telah  membangun dan mengembangkan Hortipark dan Kampung Kakao, meningkatkan produksi padi sebesar 8,19 persen dari target produksi kementan, meningkatkan produksi jagung sebesar 21,89 persen dari target produksi kementan, menghasilkan panen raya cabai merah seluas 442 hektar (oleh Direktorat Jendral Hortikultura dengan produktifitas 12 ton/hektar).

Menetapkan sentra kebun entries kakao oleh kementan seluas 0,8 hektar di Desa Sukabanjar Gedong Tataan dan bantuan bibit entries kakao sebanyak 2.950 batang. Membangun kebun entres 4 hektar Kecamatan Teluk Pandan, Way Ratai, MargaPunduh dan Tegineneng dan melaksanakan peremajaan tanaman kakao seluas 515 hektar. Melaksanakan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) seluas 500 hektar di Negeri Katon dan Tegineneng dan program bantuan PSR kepada petani sawit.

Baca Juga  Polemik Penutupan Jalan Sari Ringgung Masih Temui Jalan Buntu

Kemudian melaksanakan kontes buah unggulan Lampung meraih juara 2 kategori buah alpukat tingkat provinsi. Melaksanakan upaya khusus sapi induk wajib bunting (Upsus Siwab) inseminasi buatan (IB) 113 persen (6202 ekor) dari target 5500 ekor.

Melaksanakan pembangunan jaringan irigasi tingkat usaha tani (panjang ruas 1.975,25 meter) dan pembangunan jaringan irigasi desa (panjang ruas 835,62 meter).

Memberikan bantuan alat dan mesin pertanian, traktor roda 2 91 unit, traktor roda 4 19 unit, pompa air 107 buah, Corn Planter 105 unit dan handsprayer 101 unit.

Membangun cetak sawah seluas 390 hektar dan memberikan Blbantuan (Power Thresser, Combine Harvester besar dan aedang, Corn Sheller, traktor roda 4). Memberikan bantuan traktor roda 2 sebanyak 107 unit dan memberikan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) seluas 1.000 hektar.

Menaikkan oencapaian produksi padi sebesar 225.838 ton dan Pencapaian produksi jagung sebesar 116.014 ton. Meningkatkan produksi cabe sebesar 16.783 ton. Membangun lumbung pangan desa dan lantai jemur serta mengembangkan desa mandiri pangan.(Soheh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *