oleh

AJI Bandar Lampung Kembali Gelar Anugerah \’Saidatul Fitriah\’ dan \’Kamaroeddin\’

Bandar Lampung (Netizenku.com): Memperingati Hari Jadi ke-24, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung kembali menggelar penganugerahan penghargaan \’Saidatul Fitriah\’ dan \’Kamaroeddin\’.

Penghargaan Saidatul Fitriah akan diberikan kepada jurnalis dengan karya jurnalistik yang berdampak terhadap kehidupan demokrasi.

Sementara, Kamaroeddin diberikan kepada orang atau lembaga nonjurnalis yang dinilai konsisten memperjuangkan kebebasan pers, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM).

Ketua Panitia Andi Apriyadi mengatakan, penghargaan Saidatul Fitriah dan Kamaroeddin sudah digelar beberapa kali sejak 2008.

Baca Juga  PKL Bambu Kuning Setuju Direlokasi Sewa Kios Gratis 6 Bulan

\”Selama adanya penghargaan Saidatul Fitriah, sudah beberapa jurnalis yang menerimanya. Begitu juga penghargaan Kamaroeddin,\” ujarnya, dalam rilis yang diterima Netizenku.com, Sabtu (25/8/2018).

Untuk persyaratan karya, lanjut Andi, peserta adalah jurnalis cetak, media online, radio dan televisi, harus mengirimkan karyanya yang sudah diterbitkan oleh medianya masing-masing.

\”Karya yang sudah diterbitkan dari Agustus 2017 hingga Agustus 2018, untuk deadline pengiriman karya hingga 31 Agustus 2018,\” jelas dia.

Selain itu, peserta juga harus mengirimkan lampiran karya berupa soft file atau hard file dan CV terbaru, ke Sekretariat AJI Bandar Lampung, Jalan H. Agus Salim No. 54 Tanjungkarang Pusat, Bandar Lampung atau email ke awardsaidatul@gmail.com cc sekretajilpg@gmail.com.

Baca Juga  4 WNA Asal Cina Masuk ke Lampung

Karya bisa diwakilkan oleh perusahaan media atau perorangan. Keuputusan Juri mutlak dan tanpa diganggu gugat.

“Hingga kini, baru satu jurnalis yang telah mengirimkan karya jurnalistiknya. Kami mengingatkan kawan-kawan jurnalis lain untuk segera mengirimkan karyanya, sehingga bisa dinilai apakah layak menerima Saidatul Fitriah Award,” kata Ketua AJI Bandar Lampung, Padli Ramdan.

Baca Juga  Siapkan Sertijab Pjs Gubernur, Panitia Diminta Selalu On

Nantinya, karya jurnalistik para pewarta akan diseleksi lebih dahulu. Kemudian, pihaknya menyerahkan kepada dewan juri untuk dilakukan penilaian.

Produk jurnalistik harus memiliki dampak secara positif terhadap kehidupan demokrasi.

“Pengumuman peraih penghargaan Saidatul Fitriah pada September mendatang. Rencananya, malam penganugerahan di Hotel Andalas, Tanjungkarang. Tapi, lokasi acara masih belum pasti,” terang Padli. (*/lan)

Komentar