Tangani Banjir, Tanggamus Minta Bantuan Pusat

Redaksi

Senin, 3 Desember 2018 - 17:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tanggamus (Netizenku.com): Pemkab Tanggamus  rupanya melayangkan surat yang ditujukan ke pemerintah pusat, untuk meminta bantuan terkait bencana banjir yang melanda. \”Pada hari Jumat (30/11) kemarin, wakil bupati dan kepala BPBD sudah ajukan (surat) ke pemerintah pusat,\” ujar Bupati Tanggamus, Dewi Handajani, Senin (3/12).

Dewi sengaja menyurati surat ke pusat lantaran penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu, tidak bisa hanya diselesaikan oleh Pemkab Tanggamus.\” Kemudian terkait adanya sekolah yang terdampak, hingga tidak dapat difungsikan untuk kegiatan belajar mengajar, sementara proses belajar mengajarnya kami akan dipindahkan ke TPA, lalu terkait belum menyalanya lampu PLN, Pemkab juga telah menyurati pihak PLN, agar sesegera mungkin memperbaiki instalasinya,\” bebernya.

Terkait banjir ini, Polres Tanggamus juga turun tangan. Wakapolres Kompol Andik Purnomo Sigit mengungkapkan, Polres Tanggamus menerjunkan 15 anggota yang akan bergabung dalam tim relawan penanggulangan bencana banjir bandang dan tanah longsor di kecamatan Kelumbayan dan Kelumbayan Barat Kabupaten Tanggamus.\” Personil Polres sendiri sebanyak 15 orang, langsung bergabung bersama tim relawan, selain itu, anggota Polsek Limau yang memang sudah ada dilokasi juga akan bergabung bersama tim,\” jelas Wakapolres.

Baca Juga  Bupati Tanggamus Program Unggulan Reformasi Birokrasi Launching Podcast

Sementara, kemarin bupati memimpin pelepasan relawan penanggulangan bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kecamatan Kelumbayan, Kelumbayan Barat.

Selain melepas relawan yang dipusatkan di halaman depan pemkab tersebut, bupati juga menyerahkan sejumlah bantuan yang diperoleh dari sumbangan organisasi perangkat daerah (OPD), mulai dari bahan kebutuhan pokok, alat-alat dan uang tunai.

Relawan yang diterjunkan merupakan personil gabungan yang yerdiri dari unsur TNI anggota Kodim 0424 Tanggamus, Polres Tanggamus, Polisi Pamong Praja (Pol PP), Basarnas, BPBD dan Dinas Kesehatan.\” Seluruhnya ada 90 orang personil gabungan,\” katanya.

Rencananya lanjut Dewi, relawan akan membantu semua kegiatan masyarakat terdampak bencana selama tiga hari kedepan, \”Relawan ini akan membantu saudara-saudara kita disana yang terdampak bencana banjir dan longsor, mulai dari membersihkan sisa-sisa material banjir, membuka jalur jalan dan lainnya,\” tambahnya.

Baca Juga  Jenazah Agung Ditemukan Mengapung di Perairan

Sementara, mengenai jumlah fasilitas umum (fasum) yang mengalami kerusakan pasca diterjang  banjir bandang, bupati mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendataan guna menginventarisir jumlah, jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi.

\”Semua fasilitas umum yang terdampak bencana, masih diinventarisir guna menentukan langkah kedepannya, selain itu Pemkab Tanggamus akan berusaha mengusulkan ke pusat maupun provinsi dalam perbaikan fasilitas tersebut,\” jelasnya.

Untuk diketahui bencana banjir, tanah longsor/ambles, jembatan hanyut terjadi di Pekon Sidoarjo dan pekon Napal Kecamatan Kelumbayan Barat meliputi, Dusun Sukajaya Pekon Sidoarjo dengan jumlah 217 KK, 852 jiwa membutuhkan bantuan bahan pokok.

Jembatan putus (rusak parah) akibat diterjang banjir, sehingga akses jalan antara Dusun Sukajaya menuju ke Pekon Sidoarjo terisolir. Kemudian tanah ambles (longsor) mengakibatkan 7 rumah rusak parah, sehingga pemilik rumah harus mengungsi ke rumah keluarga/tetangga. Serta 2 bangunan SD, 1 bangunan MI, 1 bangunan SMP masih dipenuhi lumpur dan 1 unit rumah disambar petir.

Baca Juga  Diduga Tidak Profesional, Penyelenggara Lomba Mewarnai di Protes Orang Tua

Selanjutnya, Dusun Sukaagung Pekon Napal berjumlah 336 KK, jumlah penduduk 1.750 jiwa. Diwilayah itu 57 unit rumah rusak ringan sampai dengan sedang. Kemudian 2 unit bangunan SD, masih dipenuhi dengan lumpur.

Adapun langkah-langkah yang telah dilakukan Forkopimda Tanggamus, pada hari Minggu tanggal 2 Desember 2018, jembatan yang rusak dihantam Banjir, sedang dibuat jembatan Darurat.

Selain itu mengerahkan alat berat / exavator, untuk memperbaiki jalan yang tertutup longsor (batu dan tanah) agar jalan dapat dilalui kendaraan baik R4 maupun R2 dan Mengirimkan logistik (bahan pokok) kepada warga yang terdampak banjir, longsor dan jembatan putus dgn menggunakan R2.(rapik)

Berita Terkait

Hari Jadi Polwan ke-76, Polres Tanggamus Gelar Syukuran
Putra Asli Tanggamus Tedi Kurniawan Siap Perjuangkan Aspirasi Masyarakat
Satlantas Polres Tanggamus Rutin Antisipasi Kemacetan Jam Rawan
Ungkapan Syukur, Ketua DPD PAN Tanggamus Santuni 100 Anak Yatim Piatu di Gisting
DAMAR Daftar Ke KPU Tanggamus: Bawa Pimpinan Parpol Pengusung dan Unsur Pendukung 
Sah..!!! Moh Saleh Asnawi-Agus Suranto Daftarkan Diri ke KPU
Ini Kata Paslon Moh Saleh Asnawi-Agus Suranto Saat Melangkah ke KPU Tanggamus
Tanggamus Gelar Desiminasi Audit Kasus Stunting Tingkat Kabupaten

Berita Terkait

Jumat, 6 September 2024 - 13:13 WIB

Peduli Sesama, Polres Lamteng Berikan Bansos untuk Warga Membutuhkan

Senin, 2 September 2024 - 15:54 WIB

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Hadiri HUT ke-66 Dusun Sriwaluyo II

Kamis, 22 Agustus 2024 - 20:35 WIB

OJK-Polda Lampung Edukasi Bhabinkamtibmas Bahaya Aktifitas Keuangan Ilegal

Jumat, 16 Agustus 2024 - 17:59 WIB

Musa Ahmad Kukuhkan 40 Anggota Paskibraka Lampung Tengah

Jumat, 16 Agustus 2024 - 17:38 WIB

Sambut Hari Jadi Polwan ke-76, Polres Lampung Tengah Gelar Bhakti Kesehatan

Kamis, 15 Agustus 2024 - 15:17 WIB

Kapolres Lampung Tengah Pimpin Lat Pra Ops Mantap Praja Krakatau 2024

Selasa, 23 Juli 2024 - 20:36 WIB

Operasi Patuh Krakatau 2024, Polres Lampung Tengah Gelar Sidang di Tempat

Kamis, 18 Juli 2024 - 15:06 WIB

Rusmandi Buka Visitasi Evaluasi Pelaksanaan Statistik Sektoral Lamteng

Berita Terbaru

Tulang Bawang Barat

Novianti-Ana Hadiri Pengajian Rutin PC Muslimat NU di Islamic Centre Tubaba

Sabtu, 7 Sep 2024 - 19:27 WIB

Lampung Tengah

Peduli Sesama, Polres Lamteng Berikan Bansos untuk Warga Membutuhkan

Jumat, 6 Sep 2024 - 13:13 WIB