BERBAGI

Lampung Tengah (Netizenku.com): Pelaku penipuan dengan modus menjadikan korbannya sebagai Dosen Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Universitas Lampung (Unila), akhirnya terungkap.

Kasus tersebut terbongkar setelah pelaku berinisial AHM (54) warga Kalibening Kelurahan Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta itu diamankan Team Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Polres Lampung Tengah (Lamteng) dikediamannya, Jum’at (6/3), sekira pukul 14.00 wib.

Kasat Reskrim Polres Lamteng AKP Yuda Wiranegara, mewakili Kapolres AKBP I Made Rasma menjelaskan, pelaku penipuan tersebut ditangkap berdasarkan laporan korban Slamet Sudarwanto (54) warga Dusun IV Kelurahan Nambah Rejo, Kecamatan Kotagajah, dengan Nomor Laporan : LP/B-123/I/2019/Polda Lpg/SPKT, Tgl 24 Januari 2019.

Menurut pengakuan korban, pada akhir November 2016, pelaku menghubunginya dan mengatakan bisa menjadikan anak korban yang bernama Aurora Nandia Febrianti sebagai Dosen PNS di Unila, dengan biaya sebesar Rp225.000.000,- .

Pelaku juga akan mengembalikan uang korban apabila anaknya tidak menjadi dosen PNS di Unila tersebut. Namun, sampai saat ini anak korban tidak menjadi Dosen PNS di Unila dan pelaku tidak mengambalikan uang korban.

Karena pelaku tidak bisa dihubungi, korban pun langsung membuat laporan dengan membawa barang bukti transfer, surat perjanjian dan surat penetapan usulan NIP.

Mendapat laporan dari korban, pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan dan pengintaian keberadaan pelaku. Setelah mengantongi ciri-ciri dan keberadaan tersangka, Tekab 308 Polres Lamteng yang dipimpin Ipda Senna Indiarto langsung melakukan penangkapan.

“Hasil pengintaian kita posisi pelaku berada di Yogyakarta. Kita pun langsung berangkat kesana untuk melakukan penggrebekan, dan tersangka berhasil kita amanakan di kediamannya,” ujar Kasat Reskrim, Senin (9/3).

Saat ini tersangka sudah diamankan di Mapolres Lamteng. “Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku AHM dijerat dengan pasal 378 jo 55 atau 56 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” tegas AKP Yuda. (Iqbal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here