BERBAGI

Lampung Timur (Netizenku.com): Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari, menghadiri acara panen jagung di Desa Kibang, Kecamatan Metro Kibang, Selasa (21/7).

Pada acara tersebut, Zaiful Bokhari mengatakan, Lampung Timur merupakan salah satu daerah dengan potensi tanaman jagung yang cukup baik. Hal itu dapat dibuktikan dengan produktivitas hasil jagung mencapai 5,6 ton per hektar. Saat ini luas areal jagung mencapai 179.020 hektar.

Pada tahun 2019 lalu, produksi jagung di Lampung Timur mencapai 963.909 ton. Untuk tahun 2020, produksi jagung diperkirakan akan meningkat karena didukung iklim yang cukup baik.

“Namun, kita akui bahwa meski produksi jagung meningkat, tetapi harga mungkin kurang tinggi. Keluhan harga ini memang yang sering dikeluhkan para petani. Untuk saat ini harga jagung memang hanya tiga ribu rupiah per kilogram. Tetapi kita harus yakin bahwa harga jagung diperkirakan akan membaik saat musim kemarau,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, pada kesempatan ini perlu disampaikan bahwa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani, pemkab Lampung Timur akan terus mengupayakan dukungan permodalan untuk petani.

“Kita sedang berupaya agar para petani dapat menjalin kerjasama dengan perbankan yang ada. Kita akan mengupayakan agar perbankan dapat memberikan permodalan kepada para petani. Selain upaya tersebut, pemerintah kabupaten akan selalu upayakan penyaluran benih dan pupuk. Terlebih kalau pupuk ini merupakan salah satu keluhan petani pada saat musim tanam. Inilah bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat,” ujarnya. (Nainggolan/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here