BERBAGI

Bandarlampung (Netizenku.com): Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) berkomitmen mencetak lulusannya sebagai Entrepreneur yang siap bersaing di dunia usaha sejak masih duduk di bangku kuliah. Hal ini disampaikan Rektor, Dr Dalman MPd dalam acara wisuda ke-15, di Balai Krakatau Bandarlampung, Selasa (29/10).

Sesuai tema wisuda yakni Lulusan Universitas Muhammadiyah Lampung yang Berjiwa Entrepreneur dan Islami Demi Mewujudkan Indonesia Unggul. Dalman juga mengatakan pihaknya telah membangun kerjasama dengan berbagai pelaku usaha dan UMKM di Lampung untuk membuka peluang kerja dan peluang kerjasama.

“Mahasiswa baik yang belum memiliki usaha maupun yang sudah memiliki usaha akan dilatih dan dibina sampai mereka sukses memasarkan produknya. Kami juga menyediakan dana bergulir bagi yang memiliki usaha,” kata Dalman.

Ia berharap, seluruh lulusan nantinya akan menjadi pengusaha muda yang sukses, diharapkan pula tidak ada lulusan yang tidak bekerja. UML juga sigap menangkap peluang usaha dan kerjasama bagi mahasiswa baik yang tersedia di Kemendikbud, pembiayaan syariah, serta badan usaha Muhammadiyah lainnya.

“Diharapkan, mahasiswa lulusan UML tidak ada yang menganggur, semua berjiwa entrpreneur yang tidak mengandalkan untuk menjadi karyawan tetapi mampu menciptakan lapangan pekerjaannya sendiri,” ujar Rektor.

Pada acara wisuda tahun akademik 2019/2020 tersebut diikuti oleh 387 wisudawan yang terdiri dari lima fakultas. Masing-masing yakni; Fakultas Teknik Program studi Teknik Elektro 36 wisudawan, Fisipol Program Studi Ilmu Komunikasi 55 wisudawan, Ilmu Pemerintahan 151 wisudawan, Fakultas Psikologi 73 wisudawan, Fakultas Agama Islam 65 Wisudawan dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Matematika 4 wisudawan, Pendidikan Luar Biasa 3 wisudawan.

Sampai dengan 2019 ini, UML juga telah meluluskan 3934 sarjana, yang alumninya telah bekerja di berbagai sektor usaha mapun instansi pemerintah, swasta, BUMN maupun wiraswasta. Dalam kesempatan tersebut, UML juga menetapkan wisudawan terbaik yang memiliki prestasi terbaik tingkat fakultas dan universitas.

Penetapan tersebut berdasarkan penilaian, prestasi akademik, waktu penyelesaian proses pendidikan, aktivitas, kreativitas dan kontribusi terhadap universitas dan fakultas. Aktif mengikuti kegiatan ekstra maupun intra universitas yang menunjang pendidikan. Mahasiswa non konversi, tertib, tekun, dan menunjukkan akhlak yang baik selama mengikuti pendidikan, serta penyelesaian persyaratan sebagai peserta wisuda sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

Berikut wisudawan terbaik tingkat universitas yang dirilis; Jenny Rahmawati Program Studi Ilmu Pemerintahan dengan IPK 3.80 Predikat dengan pujian. Intan Cempaka Putri Program Studi Pendidikan Agama Islam dengan IPK 3.79 Predikat dengan pujian. Sefka Fajri Program Studi Ilmu Komunikasi dengan IPK 3.77 Predikat Dengan Pujian. (Leni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here