BERBAGI

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), Umar Ahmad SP, berharap seluruh tiyuh di kabupaten setempat memiliki ketangguhan dalam tatanan kehidupan baru (new normal) di masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya yang disampaikan Plt. Asisten Bidang Pemerintah dan Sosial, Sofiyan Nur, S.Sos, M.IP, saat launching Tiyuh Marga Kencana sebagai Kampung Tangguh Nusantara (KTN). Acara berlangsung di Balai Tiyuh Marga Kencana, Kecamatan Tulangbawang Udik, Selasa (23/2).

Diketahui, di Tubaba telah ditunjuk beberapa tiyuh untuk menjadi pilot project KTN yang merupakan program nasional tersebut. Bahkan, program tersebut ke depan akan dikolaborasikan dengan program desa siaga di bumi Ragem Sai Mangi Wawai.

“KTN diharapkan memiliki ketangguhan di bidang kesehatan yang didalamnya berisi ketangguhan warga masyarakat dalam menghadapi wabah Covid-19, tangguh secara ekonomi dan sosial dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Selanjutnya, tangguh di bidang pendidikan yang akan disesuaikan dengan kondisi zona Covid-19 dalam menerapkan pola belajar dan mengajar di sekolah, tangguh di bidang keamanan dengan menerapkan sistem Kamtibmas di lingkungan masyarakat dan tangguh di bidang informasi dalam menghadapi bencana.

“Ketangguhan ini diharapkan dimiliki oleh semua tiyuh,” harapnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Dandim 0412/LU, Letkol Inf Harry Prabowo, SE, mengatakan bahwa, KTN bisa bisa terwujud  apabila masyarakat tangguh yang dimulai dari hal-hal yang sepele dan mengedepankan persatuan dan kebersamaan.

“Sebuah tiyuh ini tidak akan tangguh apabila masyarakatnya tidak tangguh. Maka dari itu, harus terbentuk jiwa korsa, gotong-royong, kebersamaan, dan mempunyai rasa memiliki terhadap tiyuhnya, sesuai pepatah; di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung,” ulasnya.

Kapolres Tubaba AKBP. Hadi Saepul Rahman, S.I.K, mengatakan bahwa pembentukan KTN dimaksudkan untuk mewujudkan ketangguhan masyarakat secara swadaya dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Dia pun mengajak semua masyarakat di Kabupaten Tubaba agar terus berupaya melaksanakan ketangguhan sesuai dengan kriteria KTN tersebut.

“Jadi bukan hanya tiyuh Marga Kencana ini, semua tiyuh di Tubaba diharapkan dapat menjalankan dan menjaga 5 kriteria ini untuk menuju KTN,” singkat Kapolres. (Arie/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here