BERBAGI

Lampung Timur (Netizenku.com): Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari, menerima audiensi dengan ketua dan pengurus Keramat Krayo Ilo Derahajo dan Radin Jimat serta pengurus Penyimbang Adat Kecamatan Jabung, di kantor bupati setempat.

Kedatangan Pangeran Raja Niti Husin, selaku Ketua Penyimbang Adat Negara Saka, Dalom Nihan Yus selaku Ketua Penyimbang Adat Negara Batin, Raden Pilihan Kri, sebagai Ketua Panitia Pembangunan Pagar Kramat, serta Sri Kuncoro, selaku Pendamping, dan Mangku Bumi Karim, selaku Penasehat disambut langsung oleh Zaiful Bokhari didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Syahmin Saleh, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Wirham Riyadi, serta Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah, Mohammad Ridwan, Selasa, (16/6).

Usai melakukan audiensi, Zaiful Bokhari menjelaskan, bahwa selain untuk bersilaturahmi para tokoh adat yang datang tersebut berharap agar pemerintah dapat lebih melestarikan adat budaya serta peninggalan para leluhur.

“Tadi para tokoh adat Jabung, yang hadir dari tokoh adat negara saka dan negara batin memiliki permintaan untuk melestarikan adat budaya dan peninggalan para leluhur. Seperti tadi ada permintaan bahwa di sana ada makam yang dikramatkan, yang merupakan asal-usul dari pada masyarakat di Jabung. Nah ini diminta agar pemerintah daerah untuk bisa memperhatikan, karena jangan sampai makam yang dikeramatkan ini hilang dan sirna,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, permintaan para tokoh adat tersebut tentu disambut baik. Maka nanti akan diminta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik untuk dapat secara langsung mengecek ke lokasi.

“Tentunya pemerintah daerah menyambut baik atas permintaan dari tokoh-tokoh adat ini, mudah-mudahan pemerintah dalam hal ini, nanti melalui Badan Kesbangpol bisa melihat ke sana dan tadi sudah disampaikan bahwa ada proposal dan Insyallah mudah-mudahan kita bisa membantunya nanti,” ungkapnya. (Nainggolan/leni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here