Tingkatkan PAD BPHTB Pesawaran Sosialisasikan ZNT

Redaksi

Minggu, 21 Maret 2021 - 20:06 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pesawaran (Netizenku.com): Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya dari sektor Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran melalui Badan Pendapatan Daerah melaksanakan sosialisasi pemanfaatan Peta Zona Nilai Tanah (ZNT) kepada para Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dan Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS)/camat di wilayah kerja kabupaten setempat.

Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, melalui Asisten Bidang Administrasi Umum, Heriansyah, mengatakan pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah lainnya, tentunya harus didukung dengan biaya yang besar, untuk pemenuhan biaya tersebut pemerintah berhak untuk mengenakan pungutan kepada masyarakat, berupa pajak daerah dan retribusi daerah sebagaimana telah diatur dalam UU No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Salah satu sumber utama penerimaan daerah dari sektor pajak daerah adalah BPHTB, oleh karena itu lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Pesawaran terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan penerimaan daerah dari sektor BPHTB, sebagai upaya tersebut antara lain dengan pemanfaatan ZNT.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

\”Saya menyambut baik dilaksanakannya Sosialisasi Pemanfaatan Peta ZNT pada hari ink, selain sebagai upaya meningkatkan penerimaan BPHTB, kegiatan sosialisasi ini juga sebagai tindak lanjut dari perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Pesawaran dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Pesawaran,\” ujar bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Heriansyah pada acara yang dilaksanakan di Bukit Randu Hotel, Bandarlampung.

Baca Juga  Nekad Jual Ban Mobil Kantor, Wahyu Berurusan dengan Polisi

Ditambahkannya, bahwa Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Daerah dan Kantor Pertanahan pelaksanaannya di bawah koordinasi dan supervisi Satuan Tugas Pencegahan II Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah II Kedeputian Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK-RI).

\”Sekarang ini KPK RI dalam upaya pencegahan korupsi melaksanakan pembinaan Kepada Pemerintah Daerah di semua area/bidang urusan pemerintahan antara lain Bidang Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, Manajemen Aset Daerah dan Tata Kelola Dana Desa,\” ujarnya.

Dikatakanya, peta ZNT dimaksudkan untuk penentuan tarif dalam pelayanan pertanahan, sebagai referensi masyarakat dalam transaksi, penentuan ganti rugi, inventori nilai aset publik maupun aset masyarakat, monitoring nilai tanah dan pasar tanah, dan referensi penetapan NJOP untuk PBB, agar lebih adil dan transparan.

\”Yang tak kalah penting alasan KPK agar Pemerintah Daerah memanfaatkan peta ZNT adalah pertama, untuk menutup ruang negosiasi dalam penentuan BPHTB. Kedua, penggunaan ZNT yang berbasis nilai pasar juga dapat mengurangi potensi kerugian negara akibat penggunaan NJOP yang umumnya jatuh di bawah nilai pasar,\” ucapnya.

Baca Juga  Kapolres Pesawaran Ingin Anggotanya Jadi Contoh Baik Masyarakat

Disamping itu, pihaknya juga mengapresiasi Badan Pendapatan Daerah dan para PPAT dan PPATS se-Wilayah Kerja Kabupaten Pesawaran yang telah baik menjalin kerja sama dalam pelaksanaan pemungutan BPHTB, sehingga realisasi penerimaan BPHTB Tahun 2020 mencapai 125,55% dari target yang telah di tetapkan, atau Rp. 6.654.031.881,50 dari target Rp. 5.300.000.000,00.

\”Saya berharap nantinya para peserta sosialisasi ini dapat menerapkan hasilnya di lapangan. Semoga apa yang kita lakukan hari ini menjadi landasan bagi tercapainya target capaian BPHTB Tahun 2021, optimalisasi potensi BPHTB,\” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Pesawaran, Wildan, dalam laporannya mengatakan dasar pelaksanaan sosialisasi ZNT ini merujuk pada Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Kemudian Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 02 Tahun 2011 tentang Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (Lembaran Daerah Kabupaten Pesawaran Tahun 2011 Nomor 02).

Baca Juga  Kapolres Pesawaran Pimpin Operasi Zebra Krakatau 2020

Selain itu, Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 02 Tahun 2013 tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (Lembaran Daerah Kabupaten Pesawaran Tahun 2013 Nomor 02) serta Perjanjian Kerjasama antara Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pesawaran dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Pesawaran Nomor: 026/PKS/KS-I.04/2020 dan Nomor: AT.03.03/436-18.09/VII/2020 tanggal 29 Juli 2020 tentang Pengintegrasian Data Pertanahan dengan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (Host to Host) dan Pemanfaatan Peta Zona Nilai Tanah.

Sedangkan untuk maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut dikataknya yakni guna menyampaikan informasi kepada PPAT dan PPATS/Camat se-Wilayah Kerja Kabupaten Pesawaran tentang Pemanfaatan Peta ZNT Kabupaten Pesawaran. Tujuan dilaksanakan Sosialisasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan PAD Kabupaten Pesawaran khususnya dari sektor BPHTB.

Sementara untuk peserta, lanjut Wildan, berjumlah 26 orang yang terdiri dari 15 orang PPAT Wilayah Kerja Kabupaten Pesawaran dan 11 PPATS/Camat.

\”Sedangkan untuk narasumber dan pemateri dalam kegiatan ini yakni Kepala Bidang Pengadaan Tanah dan Pengembangan Kantor Wilayah BPN Provinsi Lampung dan Kepala Bidang PBB-P2 dan BPHTB Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pesawaran,\” pungkasnya. (Soheh/len)

Berita Terkait

Dendi Tinjau Kondisi Tanggul Jebol di Desa Bunut
Desa Bernung Kembali Salurkan Bantuan Pangan Beras
Dendi Ramadhona Hadiri Musrenbang Empat Kecamatan
FMPB Endus Dugaan Mark Up Anggaran Papan Informasi KPU Pesawaran
Pesawaran Prioritas Lokus Stunting Sejak 2020
Bupati Pesawaran Lepas Logistik Pemilu 2024
Dugaan Penyimpangan, FMPB akan Laporkan CV Alfatih Perkasa ke APH
Klarifikasi, Sejumlah Warga Tanjung Kemala Penuhi Panggilan Polres Pesawaran

Berita Terkait

Selasa, 27 Februari 2024 - 17:49 WIB

Gubernur Lampung Resmikan RSH Kota Metro

Sabtu, 24 Februari 2024 - 16:49 WIB

Bangkit Haryo Utomo Buka Safari Dongeng Kota Metro

Kamis, 22 Februari 2024 - 19:57 WIB

PKS Metro Antar Lima Anggotanya ke Kursi Legislatif

Selasa, 20 Februari 2024 - 20:50 WIB

Wakil Walikota Metro Dukung Kelurahan Sesuai Kebutuhan

Minggu, 11 Februari 2024 - 12:52 WIB

Usai Salat Subuh, Walikota Metro Sapa Pasien RSUD Ahmad Yani

Jumat, 27 Oktober 2023 - 18:37 WIB

Presiden Tinjau Sarana Prasarana SMKN 3 Metro

Senin, 18 September 2023 - 22:50 WIB

UTD PMI Kota Metro Pastikan Stok Darah Cukup

Selasa, 22 Agustus 2023 - 22:58 WIB

Literasi Masuk Raperda Usul Inisiatif Kota Metro

Berita Terbaru

Lampung

Pemprov Lampung Bakal Tebar 525.000 Benih Ikan Endemik

Senin, 4 Mar 2024 - 16:02 WIB

Rayon PMII ketika mengabadikan momen disela-sela perhelatan RTAR. Foto: Kiriman WA Dimas.

Edukasi

PMII Rayon Pertanian Gelar RTAR

Senin, 4 Mar 2024 - 01:10 WIB

Pesawaran

Dendi Tinjau Kondisi Tanggul Jebol di Desa Bunut

Minggu, 3 Mar 2024 - 18:54 WIB