oleh

Satlantas Polres Pringsewu Gencar Imbau Tertib Lalin dan Disiplin Prokes

Pringsewu (Netizenku.com): Hari terakhir pelaksanaan Operasi Zebra 2021, Sat Lantas Polres Pringsewu gencar memberikan imbauan tertib berlalu lintas dan disiplin protokol kesehatan kepada pengendara dan warga pengguna jalan, yang berada disejumlah tempat keramaian di wilayah Kabupaten Pringsewu, Minggu (28/11).

Kegiatan dipimpin Kanit Dikyasa, Aiptu Wahyudi, bersama sejumlah personel yang terlibat operasi sesuai surat Perintah Kapolres Pringsewu.

Aiptu Wahyudi mengatakan, dihari terkahir pelaksanaan Operasi Zebra 2021, pihaknya terus memberikan Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas kepada pengendara dan masyarakat sekaligus memberikan imbauan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 5M.

Baca Juga  500 Warga Kelurahan Pringsewu Selatan Jalani Vaksinasi Covid-19

“Kegiatan kita laksanakan sifatnya lebih kepada memberikan edukasi kepada pengendara kendaraan bermotor untuk mematuhi aturan lalu lintas dan disiplin menerapkan Protokol Kesehatan,” ujarnya mewakili Kapolres Pringsewu, AKBP Rio Cahyowidi, S.IK, M.IK.

Selain memberikan imbauan, juga membagikan masker dan leafleat kepada pengendara dan warga pengguna jalan yang ditemukan tidak memakai masker saat beraktivitas di tempat keramaian.

“Sehingga tujuan operasi yakni meningkatnya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, turunnya angka kecelakaan dan menurunnya level PPKM dapat tercapai,” ungkapnya

Baca Juga  Buka Turnamen Futsal, Wabup Pringsewu Lampung Imbau Sportif

Sementara itu Kasat Lantas Iptu Ridho Grisyan Adi Dharya menyampaikan, selama berlangsungnya operasi zebra Krakatau 2021 sejak tanggal 15-28 November 2021 tercatat telah terjadi tiga kasus kecelakaan lalu lintas.

Dari tiga kasus tersebut 1 orang meninggal dunia, 1 orang luka berat, 4 orang luka ringan dan kerugian materil mencapai Rp1,2 juta.

Dari hasil penyelidikan dan penyidikan yang polisi lakukan penyebab kecelakaan tersebut karena faktor kelalaian manusia (Human Eror)

Baca Juga  Muhammad Idris Jabat Ketua STIT Tanggamus

Oleh karena itu, Kasat Lantas mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan untuk tertib dalam berlalu lintas, mematuhi rambu lalu lintas dan berkendara sewajarnya.

“Rata rata penyebab kecelakaan karena salah satu pengemudi terburu-buru sehingga mengabaikan faktor keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lain,” terangnya.

Oleh karena itu kasat lantas mengajak seluruh masyarakat untuk menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan. (Rz/len)