oleh

Sahlan Syukur: Menjalankan Puasa Merupakan Implementasi Pancasila

Lampung Selatan (Netizenku.com): Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung, Sahlan Syukur, menggelar sosialisasi pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) di Desa Lebung Nala, Lampung Selatan, Sabtu (23/4).

Dalam kesempatan tersebut, Sahlan Syukur mengatakan bahwa pelaksanaan ibadah puasa di bulan ramadhan bagi umat muslim, adalah implementasi dari pancasila.

Baca Juga  Besok Eva Dwiana-Deddy Amarullah Gugat Putusan KPU ke MA

“Sama halnya dengan ibadah umat beragama lainnya. Pelaksanaan ibadah tersebut merupakan implementasi pancasila. Yang perlu diingat ialah tetap rukun dan menjaga persatuan,” kata dia.

Narasumber pertama, Ustaz Suparman Abdul Karim (Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme Lampung), menjelaskan bahwa masyarakat harus hati-hati terhadap kelompok yang ingin memecah belah persatuan.

“Ada kelompok-kelompok tertentu yang ingin merusak ketentraman. Membanding-bandingkan negara dengan agama. Padahal agama dan negara bukanlah sesuatu yang bisa dibandingkan. Jadi ibu dan bapak harus kontrol anaknya di sekolah, sebab sekolah dan perguruan tinggi jadi tempat penyebaran paham Radikal yang cukup masif,” jelas dia.

Baca Juga  Pemprov dan BNPB Bahan Rehabilitasi Pasca Tsunami Selat Sunda

Sementara itu, narasumber kedua, Nur Prima Qurbani (Pengawas Pendidikan Lampung), menjelaskan bahwa pancasila merupakan sebuah instrumen yang dapat mencegah perpecahan di tengah masyarakat.

“Butir-butir pancasila merupakan panduan terbaik dalam bernegara. Di bulan ramadhan seperti sekarang ayok sama-sama kita amalkan nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (Agis)