oleh

Ponpes Alwustho Kenalkan Metode Cepat Hafal Al-Qur\’an Pertama Kali di Lampung

Pringsewu (Netizenku.com): Pondok pesantren (Ponpes) Alwustho, Pekon Rejosari, Pringsewu memperkenalkan metode cepat menghafal Al-Qur\’an. Terlihat antusias ratusan santri putra dan putri saat mendengarkan penyampaian dari KH Lukman Hakim asal Cirebon tentang cara cepat menghafal Al-Qur\’an, Senin (9/4).

Tak luput juga pengasuh pondok pesantren Alwustho, KH Nasihin beserta jajaran yang khusyuk mendengarkan setiap ilmu yang keluar dari penyampaian KH Lukman Hakim.

Baca Juga  Peserta PPDB SMKN 4 Bandarlampung Membludak

KH Lukman Hakim dalam arahannya mengatakan, metode menghafal Al-Qur\’an dengan cepat dan menyenangkan ini yakni dengan cara sama seperti bermain. Atau yang lebih dikenal dengan sebutan metode ILHAMKA, yang memadukan 7 jenis kecerdasan yakni kecerdasan visual, linguits, matematik, genestetik, fisika, interpersonal dan trapisional.

\”Metode ini berbasis listening yakni mendengarkan dan menghafal. Ketika menghafal, kita menggunakan organ tubuh seperti tangan dan muka, yaitu dengan cara berhadap hadapan,\” jelasnya.

Baca Juga  Mahasiswa Itera Juara Kompetisi Film Internasional

Menurutnya, metode ini secara resmi dikenalkan dan digunakan secara resmi sejak tahun 2015. Dan alhamdulillah sudah banyak yang berhasil. \”Untuk ukuran lama menghafal satu halaman Al-Qur\’an, butuh waktu 60 menit. Jadi, untuk menghafal Al-Qur\’an, hanya butuh waktu 600 jam. Akan tetapi dikembalikan lagi kepada si penghafal. Dalam satu hari mau mendedikasikan berapa jam untuk menghafal,\” ucapnya.

Baca Juga  Rektor Itera Kukuhkan 4.194 Mahasiswa Baru

Menurutnya, di Lampung sendiri, rupanya metode ini baru dikenalkan pertama kali, yakni di Ponpes Alwustho, Rejosari, Pringsewu. (Darma)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *