oleh

Polres Lamtim Simulasi Pengamanan Pemilu

Lampung Timur (Netizenku.com): Guna mensukseskan pesta demokrasi yang akan dilakukan pada tahun ini, Polres Lampung Timur melakukan simulasi pengamanan pemilu 2019 di lapangan kantor bupati Lamtim, Kamis (28/02).

Kapolres Lampung Timur AKBP Taufan Dirgantoro mengatakan, bahwa  semua mengetahui pesta demokrasi atau pemilu 2019 sebentar lagi akan dilakukan. Maka perlu mempersiapkan diri untuk melakukan pengamanan pemilu tersebut. Karena tanpa kesiapan tidak mungkin dapat mengemban amanat yang dibebankan untuk mengawal dan mengamankan pesta demokrasi secara aman tertib dan lancar pada pemilu tahun 2019 ini.

Baca Juga  Nunik dan Suami Nyoblos di TPS 007 Karang Anom

Terdapat 3.440 TPS, maka Polres Lampung Timur akan menyiapkan 671 personil pengamanan dari Polres Lampung Timur. \”Dan kita juga akan mendapatkan bantuan sebanyak 119 personil dari Polda dan Polres Metro,\” katanya.

Perlu kita ketahui bahwa sispam kota merupakan sistem pengamanan untuk mengantisipasi, menanggulangi dan mengendalikan gangguan kamtibmas dalam bentuk masa ataupun bersifat kontijensi dengan metode preventif dan represif terbatas dengan tujuan mengamankan kota objek vital dan penanggulangan terhadap rusuh massa.

Dalam sistem pengamanan kota yang dilaksanakan oleh Polres Lampung Timur dan Subden 2 Pelopor Batalyon B dari Kodim 0429 Lampung Timur hari ini adalah sebagai upaya untuk mempersiapkan personel agar mengerti langkah-langkah yang akan dilakukan.

Baca Juga  Pemakaman Korban Sambaran Petir Diliputi Keharuan

\”Maka pada simulasi sispamkota ini kita akan melakukan simulasi pengamanan mulai dari tahapan pemilu seperti pendistribusian logistik, pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS sampai dengan pendistribusian logistik dari TPS ke KPPS yang akan mendapat gangguan dari beberapa orang yang tak dikenal\” tambahnya.

Kemudian pada tahapan sidang pleno di KPUD Kabupaten Lampung Timur yang akan mendapatkan gangguan dari salah satu pendukung capres maupun cawapres yang tidak puas dengan hasil pleno dan menuntut dilaksanakan pemilu ulang. Dengan koordinasi dan sikap dalam sekejap berbagai kekacauan yang terjadi bisa diatasi dengan baik oleh tim pengamanan.

Baca Juga  APBD Perubahan Lamtim 2020 Turun Rp174,9 Miliar

\”Maka pada kesempatan ini saya menekankan kepada seluruh personil Polres Lampung Timur agar tetap bersikap netral dan melaksanakan tugas pengamanan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, kita tingkatkan sinergi dan menjaga situasi dan kondisi dalam menciptakan Pemilu 2019 di Kabupaten Lampung Timur aman, damai dan sejuk,\” ungkapnya. (Nainggolan)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *