oleh

PLN Peduli Pembangunan Kebun Raya ITERA

Bandarlampung (Netizenku.com): PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan, melalui program PLN Peduli, memberikan bantuan paving block dan batako dari limbah non bahan berbahaya dan beracun (Non B3) batu bara, berupa fly ash dan bottom ash (FABA) kepada Kebun Raya ITERA.

Selain itu, PT PLN juga menyerahkan bantuan sejumlah bibit pohon untuk penghijauan Kebun Raya ITERA.

Seremoni penyerahan bantuan dan penanaman pohon dilakukan oleh General Manager PT PLN Unit Induk Pembangkitan Sumbagsel, Djoko Mulyono kepada Rektor ITERA Prof. Dr. Ing. Drs. Ir . Mitra Djamal, IPU, di Kebun Raya ITERA, Selasa, 7 Desember 2021.

Kegiatan penanaman pohon dan pemasangan produk paving blok dan batako dari fly ash dan bottom ash yang merupakan tindaklanjut kerja sama antara PT PLN UPK Tarahan dengan LPPM ITERA.

Baca Juga  Rima Itera, Rumah Ibadah Multiagama Wujud Bhinneka Tunggal Ika

Kegiatan tersebut turut dihadiri Perwakilan Balai Penelitian Teknologi Mineral Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (BTPM LIPI) David Candra Birawida, S.T., Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan, Kepala Biro Umum dan Akademik ITERA drh. Sri Sulistiawati, M.M.,Ketua Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan Dr. Rahayu Sulistyorini, S.T., M.T., dan tim UPT Konservasi Flora Sumatera.

Rektor ITERA Prof. Dr. Ing. Mitra Djamal, IPU., dalam sambutannya menyampaikan, ITERA membangun Kebun Raya seluas kurang lebih 70 hektare sebagai kosnervasi tanaman Sumatera.

Selain akan menjadi laboratorium penelitian dan pendidikan, Kebun Raya tersebut juga akan dikembangkan sebagai lokasi edukasi wisata. Rektor menyambut baik kontribusi PT PLN dalam mendukung pembangunan Kebun Raya ITERA.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi permulaan kerja sama yang baik kedepannya antara PLN dan ITERA,” ujar Rektor.

Baca Juga  BKN Apresiasi Itera Terapkan Protokol Kesehatan pada Tes SKB CPNS

Sementara General Manager PT PLN Unit Induk Pembangkitan Sumbagsel, Djoko Mulyono menyampaikan terdapat dua kegiatan penting yang dilaksanakan PLN di Kebun Raya ITERA, yakni penanaman pohon dan pemasangan batako dari fly ash dan bottom ash untuk mendukung infrastruktur ITERA.

Program penyerahan bantuan paving block dan batako tersebut bertujuan untuk memanfaatkan kembali sisa dari hasil pembakaran batu bara pada pembangkit listrik sehingga dapat mendukung program pembangunan berkelanjutan.

PT PLN Unit Induk Pembangkitan Sumbagsel juga berharap program ini dapat menjadi berkah dan berkelanjutan yang dilakukan di ITERA dalam upaya pembangunan Kebun Raya ITERA.

Dalam kegiatan yang sama, turut disampaikan orasi ilmiah oleh perwakilan dari LIPI Muhammad Amin, S.T.. Orasi ilmiah tersebut berisikan tentang dampak adanya fly ash dan bottom ash dan juga pemanfaatan berkelanjutan dari fly ash dan bottom ash.

Selain memanfaatkan limbah menjadi lebih bermanfaat, kandungan dari  fly ash dan bottom ash juga dinilai cocok untuk bahan konstruksi seperti pengerasan jalan.

Baca Juga  Unila Kedatangan KKDN Universitas Pertahanan

Kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan paving dan batako secara simbolis oleh General Manager PT PLN Unit Induk Pembangkitan Sumbagsel, Rektor ITERA,  dan tamu undangan dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti.

Acara diakhiri dengan penanaman bibit pohon jenis kayu manis oleh Rektor ITERA ITERA Prof. Dr. Ing. Mitra Djamal, dan General Manager PT PLN Unit Induk Pembangkitan Sumbagsel, dan peserta yang hadir di sekitar kawasan Embung Kebun Raya ITERA. (Josua)