oleh

Pleno Rekapitulasi KPUD Pesawaran, Paslon 1 dan 2 Ogah Tandatangan Berita Acara

Pesawaran (Netizenku.com): Sidang Pleno Rekapitulasi hasil pemilihan Gubernur Lampung yang digelar KPUD Pesawaran di Aula Musium Transmigrasi Lampung berjalan lancar.

Namun, saksi paslon no urut 1 (Ridho-Bachtiar) dan nomor urut 2 (Herman HN-Sutono) tidak mau menandatangani berita acara hasil pleno tersebut.

\”Kami sengaja tidak mendatangani berita acara hasil pleno ini. Yang kita lakukan ini merupakan perintah pimpinan,\” kata Ahmat Yani salah satu saksi dari cagub no urut 1 yang diamini juga oleh Sumarsono saksi dari Cagub no urut 2.

\”Ya sama saya juga tidak menandatangani berita acara ini karena perintah pimpinan,\” timpal Sumarsono.

Baca Juga  KPU: APK Rusak, Tanggungjawab Masing-masing Paslon

Menanggapi kejadian tersebut, Ketua KPUD Pesawaran, Amin Udin mengatakan, meskipun dua saksi dari pasangan no urut 1 dan 2 ini tidak menandatangani berita acara hasil pleno, menurutnya tidak akan mempengaruhi hasil penghitungan tersebut.

\”Siapapun saksi itu boleh tidak menandatandatangani hasil berita acara pleno ini. Itu hak saksi dan itu tidak ada pengaruh dengan hasil pleno yang kita lakukan. Sedangkan terkait alasanya, silahkan tanya langsung ke mereka,\” ungkap Amin Udin di sela-sela acara kegiatan tersebut ,Rabu (4/7).

Baca Juga  Sidang Gakkumdu Menangkan Arinal-Nunik, Mingrum: Sudah Kita Prediksi

Dijelaskan Amin, dari hasil pleno tersebut nantinya akan dikirim langsung ke KPUD Provinsi untuk dirapatkan dan diplenokan. \”Pada prinsipnya kalau tidak ada lagi perubahan pleno tingkat propinsi segera dilakukan,\” kata Amin.

Sementara itu, saat ditanya jumlah partisipasi pemilih untuk Kabupaten Pesawaran, Amin menjelaskan mengalami kenaikan hingga 3 persen lebih daei jumlah partisipasi saat Pilkada Pesawaran 2015 lalu. \”Untuk Pilbup 2015 lalu, 70,39 persen sedangkan di pilgub ini mencapai 73,9 lebih jadi naik menjadi 3 persen. Sedangkan terkait ada beberapa persen yang tidak memilih itu lantaran mereka merupakan warga yang bekerja di luar Pesawaran,\” jelas Amin. (Soheh).

Baca Juga  Surati Bupati Tak Berujung, Puluhan Warga Sidodadi Unjuk Rasa

Total keseluruhan hasil Pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2018 Kabupaten Pesawaran:

Jumlah DPT:   321.074 warga

Jumlah TPS :  925

Paslon No. 1 :  74.259 suara

Paslon No. 2 :  70.239 suara

Paslon No. 3 :  70.900 suara

Paslon No. 4 :  16.704 suara

Jumlah suara sah :  232102 suara

Jumlah suara tidak sah : 3709 suara

Total Jumlah suara sah dan jumlah suara tidak sah : 235811.

Komentar