Lampung Timur Tuan Rumah Hari Koperasi dan Festival Kain Tradisional

Redaksi

Kamis, 27 September 2018 - 14:26 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Lampung Timur (Netizenku.com) : Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) menjadi tuan rumah peringatan Hari Koperasi ke-71 Provinsi Lampung dan Festival Kain Tradisional tahun 2018.

Acara ini digelar selama dua hari, 27-28 September 2018, di Lapangan Merdeka Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur.

Pembukaan peringatan Hari Koperasi ke-71 Provinsi Lampung tersebut dihadiri Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim dan Wakil Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari serta Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Ir. Meliadi Sembiring, M.Sc, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung, Satria Alam, SE, M.Si.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lalu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Provinsi Lampung, Hery Suliyanto dalam kapasitasnya mewakili Gubernur Lampung, Kepala Dinas Koperasi Lampung Timur, Budi Yul Hartono, serta para kepala dinas dan penggiat koperasi se-Provinsi Lampung.

Pada acara peringatan Hari Koperasi Ke-71 Provinsi Lampung dan Festival Kain Tradisional Tahun 2018 tersebut mengangkat tema \’Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional\’ itu digelar berbagai pameran produk hasil binaan koperasi dari masing-masing daerah kabupaten dan kota se-Provinsi Lampung.

Baca Juga  Bagikan Minyak Goreng Berstiker, Bawaslu Panggil Pasangan Calon Bupati Lamtim

\”Lampung Timur akan menjadi pilot project PAUD berbasis koperasi. Kemarin baru rapat dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas), Pak Harris Iskandar.  Dimana kita menggagas dan Insyallah Lampung Timur akan menjadi pilot project PAUD berbasis koperasi,\” kata bupati.

Gagasan ini merupakan pertama kalinya di Lampung dan bahkan di tingkat nasional pun masih sedikit. Tujuannya gagasan itu tidak lain agar ingin menanamkan tentang pentingnya koperasi sejak dini.

\”Kita harapkan pada momen HUT ke-71 ini, koperasi kita jadikan betul-betul menjadi momen kebangkitan koperasi di Lampung Timur khususnya dan Lampung pada umumnya sehingga manfaatnya benar-benar nyata ditengah-tengah masyarakat,\” ujar bupati.

Baca Juga  KPU Lamtim Tetapkan DPT 770.477 Pemilih

Sementara Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Ir. Meliadi Sembiring, M.Sc mengatakan, bahwa kegiatan semacam ini sangat baik untuk mendorong pariwisata daerah.

Pameran produk unggulan dan Festival Kain Tradisional ini merupakan dua hal yang sangat baik untuk menjadi penopang dan pendorong pariwisata, karena kain tradisional yang ada di sini tentunya tidak ada di daerah lain.

Hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana kualitas kain tradisional yang ada di Lampung ini bisa berkenan di hati para turis, itu salah satu hal yang perlu dipelajari.

\”Jika itu telah dipelajari maka hal itu akan bisa meningkatkan perekonomian Provinsi Lampung,\” ungkapnya.

Usai sambutan dan pembukaan acara yang ditandai dengan pemukulan gong, acara dilanjutkan dengan Festival Kain Tradisional berupa parade kain tradisional dan tarian masal anak-anak SMA pekalongan, dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan peresmian produk-produk unggulan KUMKM serta peninjauan stand pameran.

Baca Juga  Lamtim Alokasikan Rp1.253 Miliar untuk Bantuan Parpol

Selain diisi dengan berbagai macam pameran produk hasil binaan koperasi masing-masing daerah, pada peringatan hari koperasi tersebut dilakukan pula penyerahan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur kepada empat Koperasi berupa fasilitas pembuatan akte pendirian koperasi.

Selain itu Pemerintah Provinsi Lampung juga turut memberikan bantuan dan penghargaan berupa perkuatan permodalan KUMKM (Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) kepada 3 UKM dan Penghargaan Koperasi Berprestasi Tingkat Provinsi Lampung dimana dua diantaranya merupakan Koperasi Lampung Timur yakni KSPPS BMT Utama Jaya Abadi dan KSPPS BMT Baskara Asri Sejati.

Untuk ketahui bahwa jumlah koperasi di Lampung ada sebanyak 5432 unit, dan dari total tersebut 54% atau 2802 unit diantaranya yang masih aktif sampai saat ini. (Nainggolan)

Berita Terkait

Warung Sehat Inovasi Kimia Farma dan BUMDes Lamtim
Arinal: Sinergi Pemerintah-Masyarakat Alpukat Siger Giri Mulyo Berbuah Manis
SIEJ Simpul Lampung-Balai TNWK Gelar Diskusi Perlindungan Gajah Sumatera
Dewan Dakwah Siap Bangun Perkampungan Keluarga Yatim
OJK Gelar Inklusi Keuangan Syariah di Lampung Timur
Hari Bakti PUPR ke-77, Gubernur Lakukan Penanaman Pohon dan Tinjau Bendungan Marga Tiga
Gubernur Serahkan Tali Asih untuk Warga Lamtim
Pemprov Salurkan 6 Ribu Liter Minyak Goreng dan Sembako di Lamtim

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 20:05 WIB

Disnaker Lampung Bakal Turunkan Tim Pengawas dan Mediator untuk Selesaikan Permasalahan THR

Jumat, 19 April 2024 - 19:59 WIB

Disnaker Lampung Catat 13 Pengaduan Ikhwal THR

Jumat, 19 April 2024 - 19:49 WIB

Realisasi penyaluran KUR Peternakan Lampung Capai Rp1,51 triliun

Kamis, 18 April 2024 - 21:58 WIB

Umar Ahmad dan Sinyalemen Dukungan PDI Perjuangan

Kamis, 18 April 2024 - 20:42 WIB

Gubernur Arinal Ajak Semua Pihak Wujudkan Lampung Sebagai Lumbung Ternak Nasional

Kamis, 18 April 2024 - 19:49 WIB

DPD PDI Perjuangan Santai Tanggapi Rumor Umar Ahmad-Edi Irawan

Kamis, 18 April 2024 - 13:38 WIB

Lampung Memperkaya Kalender Pariwisata dengan 90 Kegiatan Tahun 2024

Kamis, 18 April 2024 - 12:42 WIB

6 Trayek Baru Angkutan Perintis Lampung Diajukan

Berita Terbaru

Ilustrasi THR. Foto: Ist.

Lampung

Disnaker Lampung Catat 13 Pengaduan Ikhwal THR

Jumat, 19 Apr 2024 - 19:59 WIB