oleh

Ketua MKKS SMK Lampung Apresiasi Merdeka Vokasi

Bandarlampung (Netizenku.com): Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Provinsi Lampung M Edy Harjito menyambut baik dan mengapresiasi Program Vokasi Merdeka.

Vokasi Merdeka merupakan program fast track (jalur cepat) dimana lulusan SMK bisa melanjutkan sampai ke jenjang vokasi, yakni SMK selama 3 tahun, lalu dilanjutkan kuliah ke Politeknik yang linear selama 1,5 tahun.

Baca Juga  Komisariat Raden Intan Gelar Harlah KOPRI dan PKD

\”Terobosan yang sangat bagus, bagaimana anak-anak lulusan SMK dengan kualifikasi D2 akan dihargai,\” kata Edy, Kamis (19/11).

Program ini, lanjut dia, sudah sangat ditunggu oleh SMK karena merupakan lompatan kompetensi yang membuat lulusan SMK menjadi unggul.

Edy menjelaskan sebelum menuju Vokasi Merdeka, maka SMK, industri dunia kerja (Iduka) dan politeknik harus bertemu, dan berkoordinasi untuk menyusun kurikulum yang sinkron di antara ketiganya.

Baca Juga  PTM Terbatas Diperluas 15 Oktober, Eva Dwiana: Waspada Varian Mu!

\”Kita akan koordinasikan dulu dengan politeknik yang linear dengan jurusan di SMK. Intinya kita akan duduk bareng dulu membahas itu. Sehingga kurikulum yang disusun itu benar-benar dibutuhkan oleh Iduka, atau industri,\” ujar dia.

Menurutnya, dengan cara itu, lulusan SMK yang mau mengikuti program itu, akan memiliki kompetensi yang lebih. Karena tak hanya dapat kompetensi dari SMK, juga dari industri.

Baca Juga  Mahasiswa MPI UIN Lampung Pelajari Sistem Pendidikan Ponpes AU Mojokerto

\”Jadi nanti anak-anak itu akan magang setahun di industri,\” katanya. (Josua)

Komentar