oleh

Kemendagri Serahkan Kode Desa Enam Tiyuh Persiapan Tubaba

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Penantian panjang masyarakat di enam tiyuh/desa persiapan agar tiyuhnya menjadi tiyuh definitif akhirnya terwujud. Hari ini, Wakil Menteri Dalam Negeri Jhon Wempi Wetipo, menyerahkan kode desa enam tiyuh persiapan kepada Pj bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Dra Bayana, di Kantor Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri, Kamis (11/8).

Dengan diterbitkannya kode desa tersebut, mengubah status enam tiyuh persiapan tersebut menjadi tiyuh definitif.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Tiyuh (DPMT) Tubaba, Sofiyan Nur mengatakan, kode desa tersebut diserahkan langsung oleh Wamendagri Jhon Wempi Wetipo, kepada Bayana didampinginya bersama Camat Tulangbawang Udik, Iwan Setiawan, dan Camat Way Kenanga, Iskandar di Kantor Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri, Jakarta.

“Setelah proses penantian yang cukup panjang selama 7 tahun, hari ini doa dan harapan seluruh masyarakat Tubaba terwujud dengan definitifnya 6 tiyuh, semoga hal ini dapat membawa keberkahan dan kebaikan, serta kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Tubaba,” kata dia.

Baca Juga  Diskoperindag Tubaba Tera Ulang Timbangan Pedagang Pasar

Sofiyan menerangkan, dengan diterimanya kode desa tersebut, selanjutnya Pemkab Tubaba akan menindaklanjutinya dengan menetapkan dan mengundangkan Peraturan Daerah tentang pembentukan 6 tiyuh tersebut.

“Enam tiyuh yang akan didefinitifkan melalui Perda yakni Tiyuh Karta Tanjung Selamat, Tiyuh Kartaraya, Tiyuh Kagungan Ratu Agung, Tiyuh Gading Kencana kesemuanya berada di Kecamatan Tulangbawang Udik, Tiyuh Sido Agung di Kecamatan Way Kenanga, serta Tiyuh Marga Asri di Kecamatan Tulangbawang Tengah,” terangnya.

Dia melanjutkan setelah Perda tentang 6 Tiyuh tersebut disahkan DPRD, Pemkab Tubaba akan menggelar acara peresmian sekaligus pelantikan penjabat kepalo tiyuh definitif yang akan dilakukan langsung oleh Pj Bupati Tubaba Dr Zaidirina SE.,M.Si.

Baca Juga  Kornelia Umar Buka Seminar Kesehatan IBI Tubaba

“Kemudian, tahapan selanjutnya, akan dilakukan penataan kelembagaan tiyuh. Seperti membentuk Badan Perwakilan Tiyuh (BPT), dilanjutkan dengan perencanaan pembangunan tiyuh dan penganggaran tahun 2023. Insyaallah tahun 2023 sudah ada dana desa di masing-masing tiyuh tersebut,” kata dia.

Menurutnya, setelah kode desa 6 tiyuh persiapan tersebut diterima, Pemkab Tubaba juga masih mempunyai PR. Sebab, masih terdapat satu tiyuh yang diusulkan bersamaan dengan 6 tiyuh tersebut belum mendapatkan kode desa, yakni Tiyuh Mekar Asri, yang berasal dari Kelurahan Mulya Asri, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

“Tiyuh Mekar Asri tidak dapat diterbitkan kode desanya lantaran mekar dari satu kelurahan yang sama dengan Tiyuh Marga Asri, yakni Kelurahan Mulya Asri. Rencananya pada tiyuh Mekar Asri akan dilakukan peninjauan kembali oleh tim penataan desa pusat, Kemendagri yang diagendakan tanggal 18 sampai 19 Agustus.

Baca Juga  Kabag Administrasi Tiyuh Bantah Dugaan Supir Hantu

“Peninjauan dan klarifikasi final itu nantinya untuk menentukan apakah Tiyuh Mekar Asri bisa mendapatkan kode desa untuk menuju definitif atau tidak definitif. Karena, terhitung 1 Oktober sudah dilakukan moratorium. Yakni tidak ada lagi pemekaran desa sampai tahun 2025 oleh Kemendagri,” pungkasnya.

Diketahui, terdapat 6 tiyuh yang menerima kode desa pada hari ini yakni, Tiyuh Marga Asri pemekaran dari Kelurahan Mulya Asri Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tiyuh Karta Tanjung Selamat pemekaran Tiyuh Karta Kecamatan Tulangbawang Udik, Tiyuh Karta Raya pemekaran Karta Raharja Kecamatan Tulangbawang Udik, Tiyuh Kagungan Ratu Agung pemekaran dari Tiyuh Kagungan Ratu Kecamatan Tulangbawang Udik, Tiyuh Gading Kencana pemekaran dari Marga Kencana dan Karta Sari Kecamatan Tulangbawang Udik, dan Tiyuh Sido Agung pemekaran dari Agung Jaya Kecamatan Way Kenanga dan Gunung Agung Kecamatan Gunung Terang. (Arie/Leni)