oleh

Jemur Bonsai Pesawaran Sukses Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Pesawaran (Netizenku.com): Gelar jemur bonsai yang digagas Komunitas Penggemar Bonsai Pesawaran (KPBP) di tempat wisata Desa Taman Burung Teluk Bayur, Desa Sidomulyo, Kecamatan Negeri Katon, berjalan sukses dan berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat setempat pasca dampak pandemi yang terjadi.

Ini dilihat dari antusiasnya masyakat yang ada baik untuk penghobi pohon kerdil tersebut, maupun masyarakat pada umumnya, nampak antusias berbondong-bondong mengunjungi taman burung tersebut, selain sekaligus berwisata juga melihat langsung untuk menikmati keindahan pohon bonsai yang dijajakan.

“Ahmadulikah jemur bonsai yang kita gelar selama tiga hari ini (22-24), berjalan sukses, ini kita lihat dari antusias masyarakat yang ada baik dari para penghobi bonsai itu sendiri maupun masyakat umum banyak yang antusias untuk melihat jemur bonsai yang kita gelar,” ucap ketua KPBP, Budi Arista, saat ditemui di lokasi jemur bonsai, Minggu (24/10).

Baca Juga  Kepala Desa Apresiasi Baksos DPC PDI Perjuangan Pesawaran

Diutarakan dia, jemur bonsai yang dilakukan ini selain sebagai ajang silaturahmi antar sesama penghobi, sekaligus juga untuk mengenalkan tanaman bonsai kepada masyarakat.

“Dampak positifnya alhamdulilah dengan adanya jemur bonsai ini bisa mendongkrak ekonomi kreatif yang ada di wilayah Kabupaten Pesawaran,” ujarnya.

Hal tersebut menurut Budi terlihat dari para pedagang yang ada, penghasilan yang didapat bisa naik mencapai 50 persen dibanding dihari-hari biasa sebelum adanya jemur bonsai.

Baca Juga  Relawan Respek Peduli Bantu Rujuk Bayi Prematur ke RSAM

“Bisa dilihat ramainya pembeli, apa yang dijajakan para pedagang laris terjual baik itu produk UMKMnya maupun pedagang makanannya,” katanya.

Tunziah salah satu pedagang nasi dan makanan yang menjajakan dagangannya di acara jemur bonsai tersebut, mengutarakan dirinya sangat meraskan dampak positif dari adanya gelaran pameran bonsai tersebut.

“Alhamdulilah mas yang jelas beda dengan hari-hari biasa. Hari ini lumayan ramai pembelinya,” ucapnya.

Baca Juga  Akhir Maret, PDIP Umumkan Rekomendasi Pilkada

Sementara itu ketua Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Pesawaran, Alek Ahmadi, saat mengunjungi jemur bonsai di Taman Burung Teluk Bayur, mengutarakan dirinya sangat mendukung gelaran jemur bonsai tersebut, karena ke depan pada Januari 2022 rencananya di Kabupaten Pesawaran akan digelar kontes bonsai tingkat nasional.

“Harapan saya bagi teman yang belum tergabung di PPBI silahkan bergabung, besarkan dan sukseskan PPBI di Kabupaten Pesawaran, jangan pilih-pilih, jangan terlalu fanatik, karena ini hanya sebuah hiburan, Insha Allah ada manfaatnya,” tuturnya. (Soheh/Leni)

Komentar