BERBAGI

Kotaagung (Netizenku.com): Guna mengetahui dan memantau harga sembilan bahan pokok (Sembako) jelang perayaan Natal tahun 2018 dan tahun baru 2019, bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, monitoring langsung ke pasar tradisional Kotaagung, Rabu (19/12).

Satu demi satu los pasar tradisional kotaagung disambangi bupati, mulai deretan pedagang sembako, sayur mayur dan pasar ikan, selain menanyakan harga jual Dewi juga menanyakan ketersedian barang dan pasokannya.

Ada hal yang berbeda dilakukan Dewi Handajani saat rombongan sampai di kompleks pedagang ikan, ia langsung memerintahkan tim Kesehatan yang menyertai monitoring untuk mengecek tingkat kesegaran ikan dan kemungkinan perlakuan kimia berbahaya.” Dan dari hasil pengecekan diketahui bahwa ikan di pasar Kotaagung dinyatakan aman dikonsumsi dan tidak mengandung bahan berbahaya atau formalin,” kata Bupati.

Usai mengubek-ubek pasar tradisional, bupati melanjutkan monitoring harga ke pasar moderen dan aten resmi gas LPG yang ada diwilayah Kotaagung.

“Dari hasil monitoring kita mengetahui ada kenaikan harga, tetapi tidak terlalu signifikan. Justru harga gula dan minyak goreng turun, sedangkan harga beras masih stabil. Untuk beras 9.500 sampai dengan 10.500/kg, artinya masih kategori stabil dan premium 12.000. Ayam juga masih stabil jika ada kenaikan pun hanya 1.000 dan 2.000. Pada umumnya harga sembako relatif stabil,” terang Bupati.

Sedangkan saat sidak di Pasar modern (minimarket), terdapat beberapa hal yang menjadi bahan evaluasi Bupati. Dimana adanya barang yang sudah tidak layak jual, karena kemasannya rusak.

Hal lain yang menjadi perhatian Bupati juga, terkait dengan penataan barang di gudang. “Belum ada pemisah antara barang-barang yang kategori bahan makanan dengan barang-barang yang mengandung parfum,” ujar Bupati.

“Termasuk suhu digudang penyimpanan harus tetap dijaga harusnya dipasang AC,” tambahnya.

Menyikapi kondisi tersebut, Bupati meminta pengelola pasar modern untuk dapat memperhatikannya, agar produk yang dijual benar-benar aman dikonsumsi.

Turut mendampingi Bupati, Asisten Bidang Administrasi Firman Ranie, Kepala Dinas Perdagangan Zulfadli, Kadis Kominfo Sabarudin, Kabag Ekobang Suyanto, Sekretaris Dinas Perhubungan, Sekretaris Dinas Peternakan, jajaran Dinas Kesehatan, serta Camat dan Jajaran Lurah se-Kecamatan Kota Agung. (rapik).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here