oleh

Jelang Lebaran Beberapa Harga Komoditas Turun

Bandarlampung (Netizenku.com): Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan bahwa kondisi harga bahan pokok di Provinsi Lampung stabil, bahkan harga dari beberapa komoditas cenderung turun.

Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Pengamanan Pasar, Sutriono Edi menjelaskan, berdasarkan pemantauan tim Kementerian Perdagangan di 6 pasar di Provinsi Lampung, harga bahan pokok stabil bahkan daging ayam dan telur turun 7-8 persen dibanding harga sebelum ramadhan.

Diketahui, 5 pasar di Bandarlampung yakni Pasar Panjang, Kangkung, Bambu Kuning, Smep, dan Tamin. Kemudian Pasar Kopindo di Metro. \”Kalau disini kan lumbung pangan, jadi saya rasa aman,\” kata Sutriono Edi usai menghadiri acara pasar murah di Ponpes Al Hikmah, Bandarlampung, Senin (4/6).

Baca Juga  Perpustakaan Lebih dari Sekedar Tempat Membaca Buku

Menurut Sutriono Edi, Pasar Murah Ramadhan yang digelar di Lampung juga dimanfaatkan jajaran Kemendag untuk memantau harga bahan pokok, sehingga jika terjadi lonjakan harga atau kelangkaan stok dapat diambil langkah antisipasi.

\”Kementerian Perdagangan akan terus mengawal, memantau, dan memastikan harga bahan pokok stabil, tidak hanya menjelang lebaran 2018, tetapi hingga tahun 2019,\” kata dia.

Baca Juga  Polemik Susu Kental Manis, BBPOM Minta Masyarakat Selektif Membeli Produk

Dia juga menjelaskan, berbagai upaya terus dilakukan Kemendag dalam menjaga stabilisasi harga dan pasokan bahan pokok menjelang puasa dan lebaran. Diantaranya berdialog dengan pelaku usaha, memfasilitasi MoU harga, membuat peraturan, hingga koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait.

\”Semua ini bertujuan agar ibu-ibu dapat tersenyum menyambut puasa dan lebaran, serta saudara-saudara umat muslim dapat semakin khusyuk beribadah tanpa beban pikiran karena kebutuhan bapok dapat dibeli dengan harga terjangkau dan stabil,\” katanya.

Baca Juga  Ribuan Massa Ngeluruk ke Gakkumdu, Minta Arinal-Nunik Didiskualifikasi

Sebelumnya, pasar murah di Lampung sudah dilakukan di empat titik dari sembilan titik yang direncanakan. \”Kegiatan pasar murah akan terus berlangsung di Lampung dalam beberapa hari ke depan, seperti di Kabupaten Pesawaran, Pringsewu, dan Tanggamus,\” kata dia.(Agis)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *