ITERA Vaksinasi Mahasiswa Jelang Perkuliahan Hybrid

Redaksi

Jumat, 24 September 2021 - 15:44 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rektor ITERA Prof Mitra Djamal (tengah) bersama Kasubbid Dokpol Polda Lampung AKBP drg. Legowo Hamijaya dan Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit Dinkes Lampung. dr. Lusi Darmayanti di kampus setempat, Jumat (24/9). Foto: Netizenku.com

Rektor ITERA Prof Mitra Djamal (tengah) bersama Kasubbid Dokpol Polda Lampung AKBP drg. Legowo Hamijaya dan Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit Dinkes Lampung. dr. Lusi Darmayanti di kampus setempat, Jumat (24/9). Foto: Netizenku.com

Bandarlampung (Netizenku.com): Dalam rangka mendukung pelaksanaan perkuliahan hybrid, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) memulai program vaksinasi Covid-19 bagi mahasiswa yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Kesehatan, dan Kepolisian Daerah (Polda) Lampung.

Sebanyak 4.451 dosis vaksin disiapkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dalam vaksinasi yang dilaksanakan selama dua hari, 24 – 25 September 2021. Sementara Polda Lampung menyiapkan sebanyak 1.250 dosis vaksin pada Jumat, 24 September 2021.

Pelaksanaan vaksinasi dipusatkan di dua titik yaitu, di Gedung B untuk vaksinasi dukungan Polda Lampung, dan Gedung Kuliah Umum khusus untuk vaksinasi dukungan Pemprov Lampung. Sebelum mengikuti vaksinasi, mahasiswa melakukan pendaftaran hingga mengikuti proses skrining dan observasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Rektor ITERA Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., menyampaikan program vaksinasi bagi mahasiswa ITERA guna mendukung pelaksanaan kuliah tatap muka, yang saat ini mulai diterapkan di ITERA, melalui skema perkuliahan hybrid atau campuran antar tatap muka dan online.

Baca Juga  Baru 568 Orang Divaksinasi dari 6.000 Lebih Nakes di Bandarlampung

Beruntung ITERA mendapatkan dukungan dari Pemprov Lampung dan Polda Lampung dalam vaksinasi mahasiswa dengan presentase Pemprov Lampung sebanyak 80% dan Polda Lampung 20%.

Rektor berharap, program vaksinasi mahasiswa yang dilakukan, perkuliahan hybrid di ITERA semakin maksimal, karena pemerintah juga telah mengizinkan secara penuh pelaksanaan perkuliahan hybrid di ITERA.

“Vaksinasi menjadi syarat penting agar perkuliahan dan praktikum luring atau tatap muka segera dilaksanakan dengan maksimal. Apalagi sekarang ITERA juga mulai melaksanakan kuliah hybrid, atau sebagain luring dan daring,” ujar Rektor.

Sementara Kepala Sub Bidang Kedokteran Polri (Kasubbid Dokpol) Polda Lampung AKBP drg. Legowo Hamijaya, memaparkan bahwa ITERA dipilih menjadi salah satu lokasi program vaksinasi karena merupakan sentra pendidikan perguruan tinggi yang didorong unruk segera mengadakan perkuliahan tatap muka.

Baca Juga  PARMUSI Bersama Polda Lampung Siap Jaga Kamtibmas
ITERA Vaksinasi Mahasiswa Jelang Perkuliahan Hybrid
Salah satu mahasiswa ITERA mengikuti vaksinasi Covid-19 sebelum dimulainya pelaksanaan perkuliahan hybrid, Jumat (24/9). Foto: Netizenku.com

Selain di ITERA, Polda Lampung juga telah menyasar beberapa lokasi sekolah dan beberapa kampus di Lampung selama sebelas hari terakhir.

“Target kami adalah terbentuknya herd immunity dimana 60% -70% masyarakat sudah tervaksin. Kemudian harapan kami kepada keluarga besar ITERA meski telah divaksin, tetap harus menerapkan protokol kesehatan,” ujar drg. Legowo.

Selanjutnya, Kepala Bidang Pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. dr. Lusi Darmayanti, MPH, menyebut vaksinasi massal yang diselenggarakan di ITERA merupakan bagian dari percepatan vaksinasi di Provinsi Lampung.

Selain itu juga, pusat pendidikan seperti ITERA diprioritaskan agar perkuliahan tatap muka dapat segera dilaksanakan.

“Selama dua hari kami menargetkan  sebanyak 4.451 mahasiswa ITERA tervaksinasi, sehingga harapannya target pembelajaran tatap muka bagi mahasiswa dapat terpenuhi,” ujar dr. Lusi.

dr. Lusi juga menyampaikan bahwa program vaksinasi yang dilaksanakan tidak hanya berupa pemberian dosis,  melainkan juga entry data untuk mendapatkan sertifikat bagi mahasiswa yang telah divaksin.

Baca Juga  Mahasiswa ITERA Akhiri Krisis Air Bersih di Pulau Rimau

“Dengan melakukan percepatan vaksinasi ini, kami berharap pemerintah pusat segera mengetahui bahwa Lampung sudah siap sehingga mendapatkan dropping vaksin lagi. Hal ini karena dropping vaksin yang ditargetkan mencapai 14 juta, baru tersedia sekitar 2 juta saja. Dengan demikian, heard immunity di Provinsi Lampung dapat segera tercapai.” ucap dr. Lusi.

Sejumlah mahasiswa ITERA menyambut  program vaksinasi dengan antusias. Salah satu mahasiswa, Fitria Alya Sari, mengaku senang karena program vaksinasi yang selama ini dinantikan mahasiswa dapat terlaksana.

Mahasiswa difasilitasi dengan baik oleh pihak kampus, yang juga sangat ketat dalam menerapkan protokol kesehatan di kampus.

“Sebagai mahasiswa ITERA, saya sangat senang karena dapat melaksanakan program vaksinasi di kampus sendiri,” pungkas mahasiswa angkatan 2017 itu. (Josua)

Berita Terkait

Kemen PPPA, Aisyiyah dan YAICI Cegah Konsumsi Kental Manis Hindari Stunting
Kolaborasi Kejar Mimpi Goes to Pulau Pasaran-Busa Pustaka Berjalan Sukses
Nukman Apresiasi SMA Negeri 1 Liwa, Beri Dua Tiket Umroh
PMII Cabang Bandarlampung Segera Gelar Pelantikan
PMII Pertanian dan TANGAN Lampung Bersinergi Hijaukan Tanjung Sari
PMII Rayon Pertanian Gelar RTAR
Rektor ITERA Paparkan Inovasi Riset untuk Pemberdayaan Masyarakat
Wali Murid Sekolah Alam Al-Karim Peringati Hari Guru

Berita Terkait

Selasa, 28 Mei 2024 - 15:32 WIB

Dewan Beri Peringatan Keras Soal Insiden Kebocoran Oksigen RS Graha Husada

Selasa, 28 Mei 2024 - 09:59 WIB

FGD AMSI, Guru Besar Unila Rekomendasi Literasi Digital di Sekolah

Selasa, 28 Mei 2024 - 07:39 WIB

MTQ ke-53 Tingkat Bandarlampung Dimulai

Senin, 27 Mei 2024 - 15:04 WIB

Perilaku Konsumen Dinilai Jadi Faktor Munculnya Parkir Liar

Sabtu, 25 Mei 2024 - 22:20 WIB

Polemik Maskot Kera, Raja Sekala Brak Kepaksian Belunguh: Siapa yang berjuang, Orang Lain yang Jadi Pahlawan

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:41 WIB

Undang Kelompok Adat Berbeda, KPU Balam Dinilai Memecah Masyarakat

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:59 WIB

KPU Lampung Angkat Bicara Soal Polemik Maskot Kera Berkain Tapis

Rabu, 22 Mei 2024 - 18:48 WIB

Kemen PPPA, Aisyiyah dan YAICI Cegah Konsumsi Kental Manis Hindari Stunting

Berita Terbaru

Kepala Disdikbud Lampung, Sulpakar, ketika diwawancarai. Foto: Luki.

Lampung

Pemprov Lampung Catat 45 Sekolah Penggerak SMA dan SLB

Selasa, 28 Mei 2024 - 16:31 WIB