BERBAGI
Itera Hubungkan Alumni dengan Dunia Kerja 'Career Day'
Itera menggelar Career Day secara daring mengusung tema 'Be A Leader To A Future' mulai 24-25 September 2020. Foto: Netizenku.com

Bandarlampung (Netizenku.com): Institut Teknologi Sumatera (Itera) kembali mengadakan kegiatan Career Day guna menghubungkan alumni dengan dunia kerja.

Kegiatan yang mengusung tema “Be A Leader To A Future” tersebut diadakan dalam jaringan (daring) pada Kamis – Jumat  (24-25 September 2020) dengan melibatkan sebelas perusahaan ternama.

Di antaranya PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), RS Advent Bandarlampung, HOTOSM Indonesia, PT Indonesia Indicator, PT Inti Konten, Archilantis.com, PT Telemedia Dinamika Sarana (Gasnet), Pajak.io, Bank Syariah Mandiri dan PT Sun Motor.

Dalam pembukaan, Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc PhD yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Non-Akademik Prof Dr Sukrasno MS menyampaikan, kegiatan tersebut sangat penting dan menjadi bagian dari tugas pokok dan fungsi Itera.

Sesuai dengan visi Itera yakni menghasilkan lulusan yang mempunyai daya saing, baik di tingkat nasional dan internasional, Career Day menjadi ajang pembuktian bahwa Itera mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan siap memasuki dunia kerja.

“Tugas Itera belum berakhir pada tingkat output saja dengan menghasilkan lulusan, tetapi juga pada outcome, bagaimana lulusan-lulusan Itera setelah lulus mampu berkiprah di tengah-tengah masyarakat,” ujar Prof Sukrasno.

Prof Sukrasno juga mendorong agar para alumni selalu berusaha untuk menjadi SDM unggul, mandiri, dan berbudaya.

Serta selalu berusaha menjadi pelopor, kemudian mandiri, bertanggung jawab secara profesional, dan berkarakter.

“Dengan persiapan tersebut alumni akan mampu memenangkan persaingan di era global yang semakin kompetitif sekarang ini,” ujar Prof Sukrasno.

Hari pertama Career Day Itera diisi dengan dua kegiatan yaitu Career Panel dan Company Session.

Dalam kegiatan Career Panel peserta mendapatkan materi seputar persiapan untuk bergabung dengan sebuah instansi, mulai dari menyusun daftar riwayat hidup (CV), hingga tips dan trik menghadapi tes wawancara.

Sementara pada hari kedua dilakukan workshop dari berbagai perusahaan yang terlibat dan proses recruitmen langsung yang dapat diikuti peserta.

Lebih dari 500 peserta ikut berpartisipasi pada hari pertama kegiatan Career Day Itera. Setelah mengikuti sesi Career Panel, peserta mengikuti kegiatan Company Session, yaitu presentasi dari perusahaan-perusahaan yang terlibat mengenai dunia kerja, mekanisme rekrutmen, dan sedikit tips jika ingin bergabung pada perusahaan.

Perusahaan yang memaparkan materi pada kegiatan Company Session di hari pertama ini adalah Pertamina Geothermal Energy, PT Indonesia Indicator, PT HOTSM dan juga Rumah Sakit Advent Bandarlampung.

Adapun materi yang disampaikan yaitu tentang kualifikasi masing-masing perusahaan, proses rekrutmen, cara mendaftar pekerjaan, dan proses interview. (Josua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here