BERBAGI
HMPS Perbankan Syariah UIN Raden Intan Gelar Opus dan Raker

Bandarlampung (Netizenku.com): Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) menggelar acara Orientasi Pengurus & Rapat Kerja (Opus dan Raker) dengan tema “Bersinergi Menuju Peningkatan HMPS Perbankan Syariah yang Profesional, Visioner, dan Intelektual”.

Opus dan Raker dilaksanakan 8-9 April 2021. Untuk Opus dilaksanakan secara virtual dengan mengundang Kepala Prodi Perbankan Syariah Dr Erike Anggraeni ME Sy dan Demisioner Ketua Umum HMPS Perbankan Syariah periode sebelumnya, Diana Berliyani.

Sedangkan raker akan diadakan secara offline di Sekretariat BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN RIL.

Peserta kegiatan adalah mahasiswa yang tergabung dalam struktur pengurus HMPS Perbankan Syariah Periode 2021-2022.

Materi yang diberikan mengenai strategi pengembangan literasi perbankan syariah di era pandemik dan leadership serta skill keorganisasian.

Dr Erike Anggraeni menyampaikan isu inklusi keuangan syariah dan pentingnya upaya akselerasi perkembangan ekonomi dan keuangan syariah.

“Tentunya di era pandemik saat ini pemanfaatan teknologi infomasi ini sangat signifikan. Melalui teknologi informasi seperti sosial media, internet, dan handphone akan mempermudah masyarakat dalam mengakses produk dan jasa layanan keuangan syariah,” kata Dr Erike.

Apalagi di era pandemik, lanjut dia, jasa layanan keuangan syariah harus berbasis teknologi, sesuai dengan perkembangan green banking yang tidak lagi dominan menggunakan kertas, lebih ke arah teknologi atau digital banking.

Sementara Diana Berliyani menjelaskan tentang tantangan yang harus dihadapi saat ini adalah kesiapan beradaptasi dengan wacana media di era Post Truth yang sangat dinamis.

“Sebagai mahasiswa, sudah selayaknya kita mempunyai abstraksi ideal soal bagaimana seharusnya gerakan yang dilakukan mahasiswa. Baik secara faktual maupun narasi yang dibangun di media,” ujar Diana.

Ketua HMPS Perbankan Syariah Periode 2021-2022, Maya, berharap kegiatan Opus dan Raker mampu menjadi stimulus gerakan HMPS Perbankan Syariah ke depannya.

“Serta menjadi gerakan awal dalam membangun iklim intelektual di kampus hijau kita tercinta,” pungkas dia. (Josua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here