oleh

Herman HN Torehkan Tinta Emas Sejarah Pembangunan Bandarlampung

Bandarlampung (Netizenku.com): Wali Kota Bandarlampung dua periode 2010-2021, Herman HN, didaulat menjadi Bapak Pembangunan Kota Bandarlampung oleh DPRD Kota setempat.

Pimpinan dan seluruh Ketua Fraksi di DPRD Bandarlampung sepakat menganugerahkan gelar Bapak Pembangunan atas pengabdian dan segudang prestasi tingkat nasional yang berhasil diraih Herman HN selama menjabat Wali Kota Bandarlampung.

Hal itu dituangkan dalam Keputusan Pimpinan DPRD Kota Bandarlampung Nomor: 3/TIM.DPRD/BL/2021 tentang Pemberian Piagam Penghargaan dan Penetapan Wali Kota Bandarlampung Drs Hi Herman HN MM Sebagai Bapak Pembangunan Kota Bandarlampung tertanggal 15 Februari 2021.

\”Pada kesempatan ini, kami atas nama Pimpinan serta Anggota DPRD Kota Bandarlampung sekaligus warga Bandarlampung mengucapkan terimakasih atas pengabdian yang telah dipersembahkan,\” kata Ketua DPRD Bandarlampung Wiyadi saat memimpin Rapat Istimewa DPRD Kota Bandarlampung Akhir Masa Jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandarlampung Masa Jabatan Tahun 2016-2021 di Gedung Semergou Pemkot setempat, Senin (15/2).

\”Kami yakin dan percaya pengabdian yang diberikan telah dirasakan manfaatnya warga Kota Bandarlampung dan akan menjadi tinta emas sejarah pembangunan Kota Bandarlampung,\” lanjut Wiyadi.

Politisi PDI Perjuangan ini menilai Herman HN telah banyak berbuat untuk kemajuan Kota Tapis Berseri.

\”Dimulai dari keberhasilan menaikkan APBD, awal beliau menjabat Wali Kota, APBD Bandarlampung masih berkisar di angka Rp959 miliar lebih dan pada 2021 APBD Bandarlampung telah mencapai Rp2,695 triliun lebih,\” ujar dia.

Baca Juga  DPRD Minta Pemkot Kaji Ulang Izin Living Plaza Lampung

Peningkatan signifikan dalam bidang keuangan juga sangat terasa pada Pendapatan Asli Daerah (PAD), lanjut Wiyadi, dimana pada 2010 PAD Bandarlampung yang ditetapkan pada APBD baru mencapai Rp86 miliar lebih.

Dan secara bertahap PAD Bandarlampung terus digenjot pencapaiannya sehingga pada APBD 2021 telah mencapai secara signifikan di angka Rp991 miliar lebih.

Dengan postur dana APBD yang terus meningkat, banyak program prioritas pembangunan yang telah dilaksanakan.

\”Tidak hanya APBD dan PAD yang menjadi perhatian Herman HN tetapi juga proses tata kelola dan pertanggungjawaban laporan keuangan juga menjadi konsern yang tidak kalah pentingnya,\” kata Wiyadi.

Dia menjelaskan aspek lain yang digunakan sebagai alat ukur keberhasilan pembangunan di berbagai sektor adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

IPM mengukur capaian pembangunan manusia berbasis komponen dasar kualitas hidup sebagai ukuran kualitas hidup.

\”Selama di bawah kepemimpinan Herman HN telah berhasil meningkatkan capaian IPM Bandarlampung. Pada 2010 berada di kisaran angka 71,11 persen maka pada 2020 berhasil mencapai angka 77,44 persen dan merupakan IPM tertinggi di Provinsi Lampung,\” ujar Wiyadi.

Baca Juga  IDI Imbau Tenaga Kesehatan Tidak Antipati Vaksinasi

Prestasi Wali Kota Bandarlampung Herman HN

Dalam Rapat Paripurna tersebut, Wiyadi menuturkan berbagai capaian dan segudang prestasi Herman HN yang telah mendapatkan apresiasi dan pengakuan dari berbagai pihak.

Dibuktikan dengan diraihnya berbagai penghargaan di antaranya :

1. Penghargaan 10 Bupati dan Wali Kota Terbaik dari Jawa Pos Grup Award 2016 sebagai Tokoh Inspiratif yang memiliki prestasi dan turut meningkatkan pembangunan untuk masyarakat maupun wilayah yang dipimpinnya.

2. Penghargaan Adi Karsa Utama dari Itera atas jasa dan kontribusi yang luar biasa dalam pembangunan kampus Itera.

3. Penghargaan Menteri Sosial RI atas komitmen kepala daerah dalam pelaksanaan rehabilitasi sosial anak jalanan.

4. Penghargaan Indonesia Attractiveness Awards (IAA) 2018 yang diselenggarakan Tempo Media Group dan Frontier Consulting Group kategori Kota Potensial Infrastruktur dengan Predikat Platinum Tingkat Kota Se-Indonesia.

5. Penghargaan Kementerian Dalam Negeri atas keberhasilan Wali Kota dalam peningkatan kapasitas aparatur pemerintah dalam pengelolaan keuangan.

6. Penghargaan kepada Wali Kota Bandarlampung sebagai Pejuang dan Penggerak P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) dari BNN Provinsi Lampung.

7. Penghargaan Rekor MURI dunia dalam lomba mural 8 flyover.

Baca Juga  Sujadi Hadiri Musrenbang Penyusunan Perubahan RPJMD Lampung 2019-2024

8. Penghargaan Rekor MURI dunia tentang Tari Rudat dengan jumlah 3.000 penari.

9. Penghargaan Kota Layak Anak 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

10. Menerima penghargaan WTP Awards dari Kementerian Keuangan.

11. Penghargaan Kompas Gramedia Awards.

12. Penghargaan Tata Kelola Kota yang baik di 2020 kepada Pemerintah Kota Bandarlampung dari FISIP Unila.

13. Penghargaan Dana Wira Utama Anugerah dari Unila.

14. Penghargaan Adi Kasa Madya kepada Wali Kota Bandarlampung dari Itera atas jasa dan kontribusinya dalam mewujudkan Itera menuju Forest and Green Campuss.

15. Penghargaan Pasar Way Halim sebagai Pasar Sehat dan Layak Pangan dengan memberikan Percontohan Pasar Aman dari bahan berbahaya yang diberikan oleh BPOM RI.

16. Penghargaan dari BPS RI atas prestasi sebagai kota dengan capaian Respons Rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online.

17. Penghargaan dari KPK RI sebagai Kota Terbaik dalam pencegahan korupsi di Provinsi Lampung dengan Predikat Pertama Monitoring Centre Prevention.

\”Dan masih banyak penghargaan lainnya, selama kurun waktu 2010-2021 masa jabatan Wali Kota Herman HN yang dipersembahkan untuk warga Kota Bandarlampung,\” pungkas Wiyadi. (Josua)

Komentar