BERBAGI
Foto: Walikota Bandarlampung, Herman HN.

Bandarlampung (Netizenku.com): Walikota Bandarlampung, Herman HN, menjawab secara langsung keluhan masyarakat terkait lamanya proses pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

Menurut orang nomor satu di Kota Tapis Berseri itu, lamanya proses pembuatan E-KTP selama ini terkendala minimnya blanko.

Oleh sebab itu, walikota menginisiasi untuk dapat mencetak blanko E-KTP secara mandiri, yakni dengan mengajukan permohonan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Gagasan Walikota Bandarlampung, Herman HN, ini rupanya diterima dengan baik. Pemerintah setempat segera menyerahkan dana hibah kepada pemerintah pusat sebesar Rp1,2 miliar, yang telah disiapkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) kota setempat.

“Ini terobosan pertama, kita akan cetak sendiri. Makanya saya hibahkan Rp1,2 miliar,” kata Herman, Senin (27/1).

Sejauh ini proses hibah tersebut sedang dalam proses administrasi penghibahan anggaran, yang kemudian akan segera dilakukan pencetakan.

“Mudah-mudahan April sudah selesai blankonya. Nah InshaAllah nanti saya akan kirimkan ke rumah masing-masing,” ujar Herman.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bandarlampung, Ahmad Zainuddin, mengatakan bahwa pemerintah kota sementara ini, mendapatkan bantuan oleh pusat sebanyak 5 ribu keping blanko.

“Kita sudah mempercepat e-KTP dengan tiga hari saja, sampai kapan, sampai seterusnya. Kita dapat bantuan 5 ribu keping. Mudah-mudahan terus berlanjut,” kata Zainuddin, beberapa hari lalu.

Zainuddin juga menerangkan bahwa diperkirakan sepekan ini, MoU hibah anggaran pencetakan 10 ribu blanko E-KTP itu telah terlaksana.

“Saat ini sudah diproses dalam pembicaraan, tinggal MoU. Dua orang staf saya kemarin sudah berangkat. Saya perkirakan Minggu ini atau besok sudah dapat MoU,” jelasnya. (Adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here