oleh

DPRD Tuba Lampung Minta Dinas Pertanian Berdayakan PPL

Tulangbawang (Netizenku.com): Wakil Ketua I DPRD Tulangbawang (Tuba), Lampung, Aliasan meminta Dinas Pertanian (Distan) setempat memberdayakan Pegawai Penyuluh Lapangan (PPL), dalam mengembangkan serta meningkatkan hasil pertanian.

Menurut dia, jika PPL di Tulangbawang, khususnya PPL di bidang pertanian, selain sangat banyak juga sangat ahli mengenai kondisi di lapangan.

Bahkan menurut Aliasan, PPL yang telah dibentuk di Tulangbawang juga sangat pakar, serta mempunyai keahlian dan ilmu yang sangat baik, dalam mengatasi segala permasalahan yang menghambat lahan petani.

Baca Juga  Update Covid-19 Lampung, 3 Tambahan OTG

\”Karena PPL yang kita miliki bukan sekadar hanya bertugas di lapangan, untuk mengawasi dan mengontrol keadaan lahan sawah kita saja. Tetapi mereka yang selalu berada di lahan untuk membantu para petani kita dalam mengembangkan sawahnya,\” kata dia, Selasa (16/10/2018).

Oleh karena itu, lanjut Aliasan, sangat disayangkan apabila para PPL pertanian yang ada di Tulangbawang tidak dimanfaatkan dan tidak diikutsertakan dalam proses peningkatan pertanian.

Sebab, meskipun banyak program pertanian yang bagus dan baik, namun tanpa ikut campur tangan PPL, maka semua tidak akan berhasil dengan baik.

Baca Juga  Hari Anak Nasional, Riana Arinal Meriahkan  dengan Senam, Bermain dan Mendongeng 

\”Yang mengetahui secara langsung kondisi di lapangan selain para petani, juga PPL ini. Bahkan dengan adanya PPL, maka semua kendala yang menjadi hambatan dalam proses panen pertanian di Tulangbawang selama ini, banyak diatasi dan dibantu PPL,\” terangnya.

Untuk itu, Aliasan meminta Dinas Pertanian Tulangbawang selaku leading sector di bidang pertanian, agar mulai tahun memperhatikan, memberdayakan dan memanfaatkan para PPL untuk mengurus pengembangan maupun potensi peningkatan hasil pertanian.

Baca Juga  Tahun Ini, Tulangbawang Siapkan Anggaran Rp 11,5 Miliar untuk Pustu

\”Saya yakin, dengan kita melibatkan para PPL, maka bidang pertanian kita buka saja sekadar meningkat, tetapi hasil sawah petani akan besar, bahkan overload nantinya,\” jelas dia.

Hal itu mengingat PPL di Tulangbawang sangat mempunyai peran aktif dalam hal urusan pertanian.

\”Jadi gunakanlah PPL kita, supaya tercipta rasa gotong-royong dan juga demi kemajuan bidang pertanian kita ke depan,\” kata Aliasan. (Armadan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *