oleh

Bupati Lamtim Serahkan KIS di Sekampung Udik

Lampung Timur (Netizenku.com): Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari, melakukan penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) PBI APBN Periode IX dan X Tahun 2019 untuk Kecamatan Sekampung Udik dan Margatiga,  di Kecamatan Sekampung Udik, Selasa (1/10).

Zaiful menyampaikan, program yang dilaksanakan merupakan suatu langkah yang sangat penting bagi masyarakat. Karena KIS ini dapat digunakan untuk berobat secara gratis di seluruh Indonesia, serta bisa di Puskesmas maupun di Rumah Sakit Umum yang ada.

Disamping itu, expirednya KIS banyak terjadi di Indonesia, dan bahkan di Lampung Timur sendiri ada sebanyak 21.000 KIS tidak dapat digunakan tahun lalu.

Baca Juga  Tiga LSM Resmi Laporkan Dugaan Penyelewengan Dana Hibah dan Bansos Lamtim ke Kejari

“Maka nanti akan disosialisasikan melalui kepala desa dan pamong desa, bagi siapa saja yang nantinya menerima kartu ini harus segera didaftarkan di puskesmas di daerah masing-masing agar ketika nanti membutuhkan kartu sudah dapat digunakan dan tidak ada persoalan ketika ingin menggunakan,\” ungkapnya,” ujar Zaiful.

Zaiful juga menjelaskan, bagi masyarakat Lampung Timur tidak perlu khawatir jika tidak mendapatkan KIS ini, karena setempat telah memprogramkan pengobatan gratis untuk masyarakat yang tidak tercover oleh BPJS dan KIS.

Baca Juga  Suwandi Bantah Ada Permainan pada Tender Proyek Fisik di Lamtim

“Tertanggal 1 September, kemarin kita telah meluncurkan program pelayanan kesehatan untuk warga Lampung Timur yang tidak memiliki KIS dan BPJS untuk bisa berobat di puskesmas yang ada di dan Rumah Sakit Umum Sukadana cukup dengan menunjukkan KTP dan foto copy KK,” imbuhnya.

Selain memiliki program pengobatan gratis, Pemerintah Lampung Timur juga memiliki program ambulan gratis, program kartu identitas anak, serta perbaikan infrastruktur jalan. Kemudian Pemkab Lampung Timur juga memiliki program pembuatan kaki dan tangan palsu bagi warga yang kurang beruntung seperti mengalami kecelakaan atau musibah.

Baca Juga  Bahas Aset, BPN Audiensi dengan Wabup Lamtim

“Kita juga membantu mereka untuk membuatkan kaki dan tangan palsu serta kita membantu untuk menyiapkan kursi roda bagi saudara kita yang membutuhkan, artinya program ini memang kita peruntukkan untuk warga masyarakat Lamtim, karena ini sebagai bentuk tanggung jawab dari Bupati kepada warganya,\” ungkapnya. (Nainggolan)

Komentar