oleh

Besok,  Jenazah Suherman Tiba di Tanah Air

Lampung Timur (Netizenku.com): Besok, jenazah Suherman (34) warga Desa Karyamukti, Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), yang tewas akibat kecelakaan di Taichung Taiwan, akan dipulangkan ke Indonesia.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Lamtim Budi Yull mengatakan, Suherman kecelakaan pada Kamis (14/2) lalu dan sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Chung Shan Medical University Hospital, Taiwan. “Dari informasi yang kita dapat, korban sempat dirawat dan kondisinya kritis. Setelah beberapa hari  menjalani perawatan, Rabu (20/2) sekitar pukul 18.30  waktu setempat Suherman menghembuskan nafas terakhirnya,” katanya, Kamis (21/3).

Baca Juga  KPU Lamtim Ajak Media Sukseskan Pemilu 2019

Saat itu, kepergian korban ke Taiwan untuk mengunjungi sang istri yang bekerja sebagai TKI. “Tujuannya ke sana karena ingin mengunjungi istrinya yang merupakan seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) disana, mungkin ingin menjenguk melihat keadaan istrinya namun naas nya ia mengalami kecelakaan,\” tambahnya.

Setelah mendapat info tersebut kemudian pihaknya langsung berkoordinasi dengan Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, kemudian bupati memerintahkan bagaimana caranya mengupayakan agar dapat kembali ke keluarganya meskipun dalam keadaan sudah meninggal dan agar segera dikebumikan di kampung halaman.

Baca Juga  Percepatan Rekam KTP El, Lamtim Bentuk Tim Jemput Bola

“Maka dengan begitu sesegera mungkin saya berkomunikasi dengan kementerian luar negeri, karena di kementerian di luar negeri itu ada perlindungan warga Indonesia dan mereka minta surat-surat keterangan tidak mampu dari desa. Karena untuk membayar biaya rumah sakit selama di sana dan nantinya akan diperkuat surat dari saya untuk memohon bantuannya sesegera mungkin dapat mengembalikan almarhum dengan berkoordinasi dengan kementrian luar negeri melalui subdin perlindungan warga masyarakat Indonesia,” tambhnya.

Baca Juga  KPK Supervisi Pencegahan Tipikor di Lampung Timur

Budi membeberkan, ada biaya kepulangan jenazah yang bila dikurskan dalam mata uang Indonesia mencapai kurang lebih Rp150 juta.

Namun setelah melalui berbagai usaha dan prosedur yang ada untuk memulangkan jenazah, akhirnya Pemerintah Kabupaten Lampung Timur mendapat informasi baik bahwa jenazah almarhum Suherman rencananya akan kembali ke Indonesia besok, sekitar pukul 14.30 Wib, di Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta melalui penerbangan China Airlines.(Nainggolan)

Komentar