92 Desa dan Kelurahan Sadar Hukum Diresmikan

Sekdaprov Lampung, Fakhrizal Darminto, ketika menyampaikan sambutan. Foto: Adpim.

Sekdaprov Lampung, Fakhrizal Darminto, ketika menyampaikan sambutan. Foto: Adpim.

Bandarlampung (Netizenku.com): Sebanyak 92 desa dan kelurahan di Provinsi Lampung diresmikan sebagai Desa/Kelurahan Sadar Hukum oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Acara peresmian ini berlangsung di Ballroom Swiss-Belhotel, Bandarlampung, dan dihadiri oleh berbagai pejabat penting serta tokoh masyarakat, Selasa (25/6).

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Fahrizal Darminto, yang mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin, menerima penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan dari Kepala Pusat Pembudayaan dan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Sofyan.

Sofyan hadir mewakili Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona Laoly, dengan didampingi oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung Sorta Delima Lumban Tobing.

Sekdaprov Lampung,Fahrizal Darminto, menyatakan apresiasinya atas inisiasi Kemenkumham dalam meresmikan desa-desa sadar hukum ini.

Ia menekankan pentingnya langkah ini untuk memajukan kesadaran hukum di tengah masyarakat.

“Peresmian 92 Desa Sadar Hukum ini merupakan tonggak penting dalam meningkatkan pemahaman dan kepatuhan masyarakat terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan Desa Sadar Hukum bukan hanya sekadar implementasi dari amanat Peraturan Menkumham, tetapi juga mencerminkan komitmen nyata untuk membina, mengembangkan, dan mengukuhkan desa-desa agar lebih memahami dan menaati hukum.

Desa yang diresmikan ini diharapkan menjadi contoh dan pionir dalam meraih predikat Desa Sadar Hukum.

“Penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan yang kami terima ini merupakan pengakuan atas upaya kita dalam membina dan mengembangkan desa-desa binaan di Provinsi Lampung menjadi Desa Sadar Hukum. Ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus berkontribusi nyata bagi bangsa dan negara, khususnya di Provinsi Lampung,” tutupnya. (Luki)