oleh

Walikota Imbau Anak-anak Hindari Jajan di Sekolah

Bandarlampung (Netizenku) : Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengimbau anak-anak tidak jajan di sekolah agar terhindar dari penyakit hepatitis akut misterius. Sebagai solusi, Eva Dwiana menyarankan anak-anak membawa bekal makanan dari rumah.

 

“Saya ingatkan orang tua untuk membekali anak-anak mereka dengan makanan dari rumah supaya bisa menekan penyakit hepatitis misterius ini,” kata Eva Dwiana.

Baca Juga  Bulog Tagih Pemkot Bandarlampung Rp13,5 M Pengadaan Bansos Covid-19

 

Menurut Wali Kota, penyakit yang menyerang anak-anak usia 16 tahun ke bawah ini harus diantisipasi sejak dini. Oleh sebab itu protokol kesehatan (prokes) masih tetap harus diterapkan di sekolah.

 

“Ini hepatitis misterius menyerang anak 16 tahun ke bawah, artinya siswa SMP, SD serta PAUD rentan terkena. Ini yang saya takutkan dan rawan sekali, maka kepala sekolah dan guru dapat mengingatkan anak-anak dengan prokes,” kata dia.

Baca Juga  BKD Bandarlampung Belum Umumkan Hasil Seleksi Kompetensi JPT Pratama

Sementara itu, Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri, mengungkapkan, guna mencegah penularan hepatitis misterius kepada anak-anak prokes masih harus diterapkan. “Jadi prokes bukan hanya untuk mencegah penularan Covid-19 tapi juga hepatitis misterius yang menyerang anak-anak di bawah usia 16 tahun,” kata dia.

Kemudian, lanjut dia, disarankan kepada orang tua murid juga membekali anak-anaknya dengan makanan dari rumah karena penyakit ini menular salah satunya dari alat makanan. “Intinya untuk mencegah segala macam penyakit termasuk hepatitis akut ini, kita harus terapkan pola hidup sehat dan bersih (PHBS) dan terapkan prokes,” ujar Desti.(red)

Baca Juga  Pakar Urban Economic dan Dosen Itera Tawarkan Solusi Menata PKL